Partial Class, Fitur Aneh di C#


Saya bilang aneh, karena memang saya adalah orang Java πŸ˜€

Di Java, gak mungkin kita bisa membuat sebuah kelas dalam berkas yang berbeda, bahkan untuk membuat kelas public, dalam Java harus sama dengan nama berkasnya. Namun berbeda dengan di C#, ternyata nama berkas tidak harus sama dengan nama kelas public, bahkan ada yang namanya Partial Class, yaitu kelas yang dapat dibuat di beberapa berkas, aneh kan? πŸ˜€

Lantas untuk apa? Bukan kah ini malah membingungkan pengembang? Enggak juga πŸ˜€ Tergantung kebiasaan, jika terbiasa dengan Java seperti saya, mungkin bisa dibilang iya, fitur ini membingungkan πŸ˜€ Tapi ternyata ada juga saat-saat kita membutuhkan Partial Class

  1. Saat kelas yang kita buat itu sudah terlalu panjang, misal lebih dari 1000 baris
  2. Saat kita mau membuat kode sengaja dibuat untuk membingungkan orang yang baca kode kita πŸ˜€ (heheh, ini ide saya lho)

Misal dalam berkas Panjang.cs kita buat kode seperti ini :

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
namespace Learning.Partial
{
public partial class Panjang
{
public void MetodeSatu()
{
}
}
}

Setelah itu kita buat kode dalam berkas PanjangLanjutan.cs seperti ini :

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
namespace Learning.Partial
{
public partial class Panjang
{
public void MetodeDua()
{
}
}
}

Hahah, pendek? Ya anggap aja itu kode yang sangat panjang πŸ˜€ . Dengan seperti itu, kita dapat menjalankan kelas tersebut secara bersamaan, seperti dibawah ini :

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using Learning.Partial;
namespace Learning
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Panjang panjang = new Panjang();
panjang.MetodeSatu();
panjang.MetodeDua();
}
}
}

Hmm, ternyata cukup mudah juga y πŸ˜€
Haha!!!!!

Untuk lebih jelas, silahkan liat tautan dibawah ini :

  1. Partial Classes and Methods (C# Programming Guide)
Iklan

Perbedaan Gaya C# dan Gaya Java, yang Membuat Saya Selalu Salah


wKarena sudah kental di Java, jadi agak susah ngikutin gaya orang-orang C# πŸ˜€ terutama di pembuatan metode. Orang Java biasanya membuat metode dengan diawali huruf kecil, setelah itu baru diikuti huruf besar pada awal kata. Misal orang Java biasa membuat metode seperti ini :

public void helloSelamatPagi(){
}

Tapi orang C# membuatnya seperti ini :

public void HelloSelamatPagi(){
}

Beda sedikit sih πŸ˜€ Hanya karena latar belakang saya Java, jadi salah gaya terus kalo koding di C#, haha. Mungkin harus mulai menyesuaikan diri nih πŸ˜€


Eko Kurniawan Khannedy
Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia
+6285292775999