[Scala] Membuat Wildcard Regex


Scala

Scala

Scala Regex sebenarnya adalah Java Regex, sayangnya end user akan sedikit bingung jika diminta untuk membuat pattern nya. Salah satu yang mudah adalah membuat wildcard regex, dimana biasanya karakter yang digunakan hanyalah “*” dan “?”. Karakter “*” untuk menyatakan bahwa boleh karakter apapun dalam jumlah berapapun, dan “?” untuk menyatakan boleh karakter apapun sebanyak “?”

Misal jika kita membuat pattern “?k*” maka pattern tersebut bisa matches dengan string “eko”, “ikoooo”, “uko”. Masalahnya sekarang di Java atau di Scala tidak mendukung Wildcard regex, oleh karena itu kita akan implementasi manual.

  1. Pertama yang akan kita lakukan adalah membuat object Wildcard untuk melakukan processing wildcard.Dalam object Wildcard terdapat metode -* yang digunakan untuk mengganti semua karakter * menjadi karakter \w*. Metode -? digunakan untuk mengganti semua karakter ? menjadi karaketer \w. Sedangkan metode matches digunakan untuk mengecek apakah string tersebut cocok dengan pattern wildcardnya.
  2. Sekarang untuk menguji apakah wildcard regex yang kita buat sudah berjalan dengan benar atau tidak, kita buat sample program nya seperti berikut.Kita akan test untuk beberapa kasus
  3. Berikut adalah hasil console log nyaHasilnya OK
  4. Sepertinya wildcard regex yang kita buat sudah sesuai dengan harapan, tinggal kita gunakan di aplikasi kita 🙂
  5. Selamat mencoba

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s