Coding Best Practice : Berbagi Masalah dan Solusi buat Coder [2] – Unit Test


Null Pointer Exception

Null Pointer Exception

diwaktu2 yang penting, kayak demo ke client, sidang skripsi, dan lain-lain, pas masukkin data yang salah eh aplikasinya malah ERROR, lupa nambahin validasinya *galiLubang*

biasanya ini terjadi kalo kita dikejar2 deadline, sangking pengen cepet2 nyelesaiin aplikasi, sampai lupa bikin unit testnya.

hal yang paling basic dalam unit test adalah, masukin data yang gak valid, memang sih bikin unit test itu makan waktu banget, tapi dengan bikin unit test, kita jadi tenang, gak pernah kepikiran ada error, kalo pun ada error bisa dimimalisasi.

unit test juga penting untuk mengecek apakah feature tambahan kita nge-break feature yang lainnya yang udah ditest, dengan begitu kita gak sembarangan nambah kode yang berdampak ngancurin feature yang lain.

testing itu gak cuma validasi aja, bisa integration test, misal ngetest flow dari awal sampai akhir, dengan kasus yang bener hasilnya harus bener, dengan kasus yang salah hasilnya harus salah.

so, mulai dari sekarang, biasakan bikin unit test, walaupun menyebalkan, tapi itu penting, kecuali anda DEWA yang gak pernah salah kalo coding

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s