kapan perlu pake JDBC dan kapan pake ORM (hibernate, jpa)?


#TanyaJava

kapan perlu pake JDBC dan kapan pake ORM (hibernate, jpa)?

jawabannya sih relatif, suka2 yang coding. tapi pasti ada alasan dibalik coder pilih pake jdbc atau orm seperti hibernate atau jpa.

kapan perlu pake jdbc? saat memang kita sangat ketergantungan sama fasilitas database, contohnya, store procedure, trigger, dan fungsi2 bawaan databasenya. hal ini akan sangat sulit dilakukan di orm. pake jdbc juga dengan ketentuan, sampai kapanpun gak akan pernah ganti database, karena kalo sampai ganti, berarti harus rewrite ulang seluruh perintah sql nya.

kapan perlu pake orm? saat memang kita gak terlalu butuh fitur2 bawaan database, orm saat ini hanya bisa perintah sql standar (insert, update, delete, select, create table), untuk membuat trigger, function dan store procedure, belum bisa, walaupun ada beberapa orm yang mampu, hanya memanggil store procedure saja. salah satu kelebihan orm, kita mudah ganti2 database, karena memang seluruh perintah sql nya di lakukan oleh orm.

tapi orm itu lambat? selambat2nya bukan berarti operasi jdbc itu 1 detik, orm itu 1 menit  perbedaan kecepatan paling hanya beberapa milisecond, dan itu seperti kedipan mata, jadi gak berpengaruh juga  apalagi semakin kesini hardware semakin canggih, jadi kecepatan milisecond benar2 gak kan kerasa.

sekian, follow juga twitter kita di @PakarJava

Iklan

Satu pemikiran pada “kapan perlu pake JDBC dan kapan pake ORM (hibernate, jpa)?

  1. waah gan beberapa milisecond klo untuk export data besar berpengaruh sekali dengan kecepatannya apalagi mainin perhitungan(count, avg dll ) di query sql itu tadinya milisecond (0,001) bisa jadi (0,01) .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s