apa itu Java Beans? apa bedanya dengan POJO?


#IlmuJava

apa itu Java Beans? apa bedanya dengan POJO?

status sebelumnya saya cerita tentang POJO, sekarang saya akan cerita tentang Java Beans.

Java Beans adalah kelas POJO yang serializable (implements java.io.Serializable), kelas Java Beans memiliki default contructor (constructor tanpa parameter), atribut yang ada di Java Beans harus private dan diakses oleh metode getter dan setter.

Berikut adalah contoh kelas POHO

=============================
public class Person{

}
=============================

kalo udah diubah jadi Java Beans, hasilnya seperti ini :

=============================
public class Person implements java.io.Serializable {

private String name;

public Person(){
}

public String getName(){
return this.name;
}

public void setName(String name){
this.name = name;
}

}
=============================

sekian dan terimakasih, jangan lupa follow twitter kita di @PakarJava 

apa itu POJO (Plain Old Java Object)?


#IlmuJava

apa itu POJO (Plain Old Java Object)?

pojo adalah kelas java dimana kelas tersebut berdiri sendiri, tidak ketergantungan dengan kelas lain (tidak extends kelas lain, dan tidak implements interface lain)

berikut adalah contoh kelas POJO

public class Person{

}

simple kan?

lantas apa itu Java Beans? dan apa bedanya dengan POJO?

nanti kita bahas di status berikutnya 

Java adalah memiliki fitur automatic garbage collection? wah apaan tuh?


#FaktaJava

salah satu kelebihan java adalah memiliki feature automatic garbage collection? wah apaan tuh?

#BahasaAwam
kalo dijelaskan secara awam, kurang lebih seperti ini. jika aplikasi kita diibaratkan sebuah rumah, maka pasti didalamnya ada tempat sampah. automatic garbace collection itu artinya, secara otomatis sampah2 yang ada di dalam rumah akan dimasukkan ke tong sampah, tanpa kita melakukannya sendiri (manual), dan yang paling keren, automatic GC itu secara otomatis akan menghilangkan sapah yang ada, hilang, tanpa tersisa sedikitpun.

#BahasaTeknis
JVM adalah sistem yang pintar, dimana dia bisa mendeteksi apakah ada objek yang masih digunakan atau tidak, seandainya ada objek yang sudah tidak digunakan lagi, maka otomatis objek tersebut akan dihapus dari memori secara otomatis, kita tidak perlu menghilangkan objek itu secara manual seperti ti C/C++, di JVM semuanya otomatis.

#KapanGCTerjadi
garbage collection akan terjadi ketika aplikasi sudah menyentuh batas maksimal memori, seandainya aplikasi kita set batas maksimal memorinya adalah 500MB, maka saat aplikasi kita menggunakan memori menyentuh 500MB maka otomatis GC akan berjalan, menghapus seluruh objek yang tidak dibutuhkan dari memori, sehingga penggunaan memori lebih efektik

#OutOfMemoryError
seandainya aplikasi kita sudah mencapat batas maksimal memori, lalu GC akan menghapus objek yang tidak diperlukan. Namun kadang ada kejadian tidak ada objek yang tidak terpakai, dengan kata lain tidak ada yang bisa dihapus lagi, pada saat ini, JVM akan menyatakan error OutOfMemoryError, artinya tidak ada memori yang bisa digunakan untuk objek baru. Jika ini terjadi, hal yang bisa dilakukan hanyalah menaikkan kapasitas memori.

apakah benar java itu lambat? kalo benar, kenapa bisa lambat?


#FaktaJava

apakah benar java itu lambat? kalo benar, kenapa bisa lambat?

jawabannya bisa YA, bisa TIDAK | kok bisa?

YA jika dibandingkan hanya ketika aplikasi pertama kali dijalankan. Aplikasi hasil java itu tidak berbentuk aplikasi native (seperti EXE untuk Windows misal). hasil dari aplikasi java adalah .class atau .jar. aplikasi java tidak akan jalan tanpa ada JVM.

Hal inilah kenapa proses startup aplikasi java lebih lambat dibandingkan aplikasi native (buatan c++ misalnya). Lambat sebenarnya bukan karena aplikasinya jelek, tapi memang dikarenakan, saat pertama kali startup, JVM harus menghidupkan seluruh sistem, ibarat sistem operasi, kita gak bisa langsung nyalain PC, trus langsung bisa pake, perlu ada proses startup dulu, load semua komponen dulu sampai siap, kalo semua udah siap, baru deh bisa kita pake. begitu pula java.

TIDAK jika aplikasi sudah berjalan. tidak mungkin facebook, twitter, airbnb dan lain2 pake java, kalo java memang lambat ketika aplikasinya udah jalan. Java itu sangat cepat kalo aplikasinya udah jalan, bahkan performanya sangat baik.

#JavaLambat

follow twitter kita juga di @PakarJava 

beginilah alur transformasi dari dunia nyata ke kode java


#InfoJava

beginilah alur transformasi dari dunia nyata ke kode java 

ada berapakah tipe data primitif di Java


ada berapakah tipe data primitif (bukan objek) di java? silahkan lihat pada diagram ini.

pengen jadi coder dengan salary gede?


#TipsCoder

pengen jadi coder dengan salary gede?

bertemanlah dengan coder2 yang salary nya udah gede, cepat atau lambat saat mereka itu butuh orang, gak akan jauh nyarinya, pasti pilihan pertama jatuh ke ente, temennya 

jangan jadi autis, coding sendiri, pusing sendiri, senyum sendiri, ketawa sendiri, bergaullah sana!

Apa bedanya Vector dan ArrayList di Java


#TanyaJava

Apa bedanya Vector dan ArrayList di Java, padahal tugasnya sama, sebagai kumpulan objek

#Vector merupakan implementasi dari List di java, gunakanya untuk menampung objek, dan untuk mengakses objek-nya dapat menggunakan index. Vector merupakan class yang thread-safe, yang artinya aman ketika diakses oleh lebih dari satu thread

#ArrayList juga sama seperti Vector, merupakan implementasi List di java. yang membedakan ArrayList dari Vector hanyalah, ArrayList tidak thread-safe, artinya tidak aman jika diakses oleh lebih dari satu thread.

Jadi saat kita membuat membutuhkan List yang diakses oleh banyak thread, gunakan Vector, namun jika hanya diakses oleh satu thread, gunakan saja ArrayList.

Jangan gunakan Vector ketika hanya untuk satu thread, karena kelas yang thread-safe itu sangat lambat dibandingkan dengan yang tidak thread-safe.

Jangan lupa follow twitter kita di @PakarJava