Ngurutin array asc / desc menggunakan Java


Kali ini gw mau bahas tentang cara ngurutin data array di Java, baik itu secara ascending ataupun juga descending. Kalo nguruting data di database sih gampang, tinggal gunakan sql SORT BY BLABLA ASC atau SORT BY BLABLA DESC, selesai deh. Nah tapi gimana kalo datanya itu array java?

Sebenarnya simple aja, gak ribet juga, kita bisa gunakan Arrays.sort(…) untuk ngurutin data array, baik itu asc maupun desc.

Berikut contohnya kalo mau ngurutin data array secara asc

Outputnya kayak gini

Nah trus gimana kalo ngurutinnya desc? Sebenarnya sama aja, cuma bedanya kita harus nambahin Comparator, dimana pungsinya untuk ngebandingin. Di Comparator itu kita bandinginnya terbalik, jadi nanti hasilnya terbaik, alias DESC.

Outputnya kayak gini

Gampang kan? 🙂

Iklan

Satu pemikiran pada “Ngurutin array asc / desc menggunakan Java

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s