Mocking http servlet request menggunakan mockito


Pernah kejadian kayak gini, misal kita bikin utilities atau helper, helper itu ngambil data parameter2 yang ada di HttpServletRequest, trus dijadiin objek.

Misalnya, kita mau bikin objek Buku dari HttpServletRequest dimana datanya diambil dari data parameter “nama”, “tanggalTerbit”, “jumlahHalaman”, “harga” dan lain-lain.

Untuk jelasnya misalnya kayak gini nih.

Simple sih, tapi masalahnya adalah saat kita mau bikin unit testingnya. Mau gak mau harus dicoba di Web Server, karena HttpServletRequest itu cuma bisa jalan di Web Server kayak Tomcat, Glassfish dan lain-lain.

Nah kalo kejadian kayak gini, mau gak mau kita harus mocking object HttpServletRequest-nya supaya bisa di testing.

Apa itu mocking? mocking itu bikin object yang mensimulasikan objek sebenarnya, padahal sih bukan objek sebenarnya. Jadi disini kita simulasikan HttpServletRequest, seakan2 emang beneran tun objeknya.

Salah satu framework untuk mocking yang biasa gw pake adalah Mockito. Untuk nambah dependensinya di MAVEN, bisa pake ini

Sekarang kita bisa bikin unit testnya kayak kode dibawah ini nih. Jadi gak perlu dijalanin diatas Web Server Tomcat, Glassfish dll.

Hasil outputnya kayak gini kurang lebih

Happy mocking!!!

Iklan

3 pemikiran pada “Mocking http servlet request menggunakan mockito

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s