Perulangan for dan foreach di Scala


Perulangan for di Scala berbeda dengan di Java, begitu juga foreach di Scala beda dengan di Java. Salah satu perbedaan yang mencolok adalah, di Scala tidak bisa membuat perulangan for dengan variable increment seperti ini : for(int i = 0; i < 10; i++), kenapa? Pertama karena di Scala tidak ada operator increment dan decrement, jadi gak ada ++ dan –.

Baca lebih lanjut

Iklan

Perulangan increment dan decrement di Groovy


Kali ini gw mau bahas tentang perulangan di increment dan decrement di Groovy. Biasanya kan kalo di Java kita kalo mau melakukan perulangan, kita biasa menggunakan perulangan for. Kalo mau increment dan decrement, tinggal mainkan aja variabel i nya. Kalo di groovy bisa lebih sederhana dan simple, gak perlu pake for.

Baca lebih lanjut

Ngurutin array asc / desc menggunakan Java


Kali ini gw mau bahas tentang cara ngurutin data array di Java, baik itu secara ascending ataupun juga descending. Kalo nguruting data di database sih gampang, tinggal gunakan sql SORT BY BLABLA ASC atau SORT BY BLABLA DESC, selesai deh. Nah tapi gimana kalo datanya itu array java?

Baca lebih lanjut

Download file menggunakan Java


Kali ini saya mau kasih tips untuk download file menggunakan Java. Disini saya pake bantuan Apache Commons IO untuk masalah Java IO nya, soalnya kalo manual kodenya bisa panjang, jadi mending pake library yang udah ada aja 🙂

Baca lebih lanjut

Kesalahan Pebisnis Pemula


Baca lebih lanjut

Tips Investasi Properti


Baca lebih lanjut

Mocking http servlet request menggunakan mockito


Pernah kejadian kayak gini, misal kita bikin utilities atau helper, helper itu ngambil data parameter2 yang ada di HttpServletRequest, trus dijadiin objek.

Misalnya, kita mau bikin objek Buku dari HttpServletRequest dimana datanya diambil dari data parameter “nama”, “tanggalTerbit”, “jumlahHalaman”, “harga” dan lain-lain. Baca lebih lanjut

Cara cepat ngopi atribut dari satu objek ke objek lain


Pernah kejadian ngopi atribut dari satu objek ke objek lain? Trus nama atributnya sama, atau bahkan kelas nya sama? Ini adalah salah satu hal yang mudah tapi buang2 waktu 🙂

Nih misal kayak gini nih, gw punya kelas dengan nama kelas Buku, isinya ada beberapa atribut. Baca lebih lanjut