Jedis, Manajemen Transaksi di Redis


Tidak hanya database relational yang memiliki fitur transaksi. Redis juga memiliki fitur transaksi. Bagi yang tidak tahu apa itu transaksi, transaksi adalah melakukan lebih dari satu operasi, dimana transaksi dianggap berhasil jika semua operasi berhasil, dan transaksi dianggap gagal, walaupun hanya ada satu operasi yang gagal. Jika transaksi gagal, maka semua operasi harus dibatalkan.

Untuk melakukan proses transaksi dalam Redis, kita dapat menggunakan perintah multi(TransactionBlock) seperti pada kode dibawah ini :

StripBandunk

Iklan

2 pemikiran pada “Jedis, Manajemen Transaksi di Redis

  1. Halo Mas Eko, Tutorialnya mantap euy.
    Kebetulan saya juga baru belajar redis, Sempat googling sana sini buat cari pengertian yang paling sederhana. Sejauh ini salah satu fungsi redis yang saya tahu adalah untuk caching data, Sistemnya yang in-memory membuat pengambilan data dari Redis menjadi lebih cepat. #CMIIW

    Misalkan saya punya aplikasi berbasis java dan mysql dengan banyak sekali row di database mysql (Katakanlah ada 10.000 row). Beberapa artikel menjelaskan bahwa dengan menggunakan Redis maka proses pengambilan data akan jauh lebih cepat.
    Untuk case tersebut, adapun yang ingin saya tanyakan yaitu :
    1. Jika saya ingin menampilkan row2 tersebut dalam bentuk tabel sederhana, bagaimana mengimplementasikan Redis agar bisa mempercepat proses pengambilan data ?
    2. Jika saya mengubah salah satu row di database mysql, tentunya data yang berada di Redis dan Mysql akan berbeda. Kapan waktu yang tepat menyamakan(update) data di Redis agar sama dengan data yang berada di database mysql (Scenario yang tepat untuk menjaga konsistensi data yang ada di Redis)?

    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s