Kenapa Kita Perlu Peduli Terhadap IE (Internet Explorer) versi 6


Sejak saya menggunakan Ubuntu, saya tidak pernah lagi menggunakan aplikasi browser IE (Internet Explorer), khususnya IE 6. Saat pertama menggunakan laptop, di laptop saya terinstall Windows Vista, dimana default nya terinstall IE 7. Sejak Windows Vista, saya langsung migrasi ke Linux Mint dan sekarang terdampar di Ubuntu 😀

Saat ini, saya jarang sekali menemukan penggunakan IE 6, bahkan di warnet pun, yang kebanyakan menggunakan Windows XP, malah penggunanya menggunakan Firefox atau Opera. Jarang sekali saya menemukan yang masih menggunakan IE 6.

Lantas jika jarang ditemukan penggunakan IE 6, kenapa kita harus peduli IE 6? Bukannya sekarang IE sudah versi 9? 😀

Artikel ini mungkin saya membeberkan tentang pengalaman saya. Saat ini saya sedang menangani pembangunan aplikasi yang bernama RAMS (Recovery and Agency Management System). Memang jarang sekali terdengar, bahkan saya pun baru pertama kali mendengarnya, saat membangun project ini 😀 RAMS yang saya bangun ini merupakan project untuk PT. ANZ Panin Bank. RAMS ini berjalan sebagai sistem website, dimana diakses diseluruh cabang PT. ANZ Panin Bank di seluruh Indonesia.

Saat pertama kali membuat RAMS, saya menggunakan web design sistem Chive, dimana tampilannya menurut saya lumayan bagus dan kaya akan fitur animasi. Karena saya seorang developer yang menggunakan Linux, otomatis saya menggunakan Firefox dan Chrome untuk mengetes sistem website RAMS yang saya buat.

Saat melakukan SIT (Software Integration Testing), saya menginstall sistem RAMS tersebut di server milik PT. ANZ Panin Bank. Walaupun ada beberapa kendala karena servernya Windows Server 2003, yang notabenenya saya masih asing dengan sistem operasi tersebut :D, tapi untungnya semua berjalan lancar.

Selanjutnya dilakukan UAT (User Acceptance Testing), dimana yang melakukan testing bukan saya lagi, tapi end user nya :D. Hampir di seluruh komputer yang ada di gedung PT. ANZ Panin Bank Jakarta terinstall Windows XP (kecuali Server :D). Dan saat pertama kali membuat website RAMS yang saya buat, eng ing eng… #surprise!!!!

Ternyata tampilannya sangat menarik untuk di caci maki 😀 Hehehe, banyak sekali CSS yang tidak berjalan bahkan yang paling menyebalkan ternyata IE 6 masih belum support transparansi PNG. “on ho….”

Alhasil, saya menyarankan di install Firefox di komputer client nya, dan untungnya hal itu ditolak 😀 Why? Karena memang ini tidak sesuai dengan aturan yang sudah ada di perusahaan tersebut. Bahkan, untuk menginstall IE versi 7 saya tidak diperbolehkan 😀

Alhasil dengan “senang hati” saya merubah seluruh tampilan sistem website nya menjadi non JavaScript dan basic CSS saja, tampa menggunakan gambar PNG 😀

So, saran saya, jangan abaikan IE 6, karena masih banyak perusahaan besar yang masih menggunakan IE 6. Kenapa di perusahaan besar kita tidak dapat menginstall aplikasi sesuka kita di komputer nya? Hal ini dikarenakan perusahaan besar itu sudah memiliki aturan dan ketentuan di semua bidang yang ada di perusahaan tersebut, dengan kerennya, perusahaan besar sudah memiliki SOP (Standard Operating Procedure).

15 pemikiran pada “Kenapa Kita Perlu Peduli Terhadap IE (Internet Explorer) versi 6

  1. di tempat saya malah hampir tidak ada yg menggunakan firefox atau chrome untuk mengakses web kantor untuk kerja. Di sana sudah di standarisasi untuk menggunakan IE9. Saya develop aplikasi menggunakan Ext JS untuk UI nya, dan itu ga compatible di IE < 9 terutama IE7, berantakan semua.IE emang nyusahin, tapi mau gimana lagi, kalo perusahaan2 begitu biasanya memang di standarisasi, apalagi untuk perusahan pengguna microsoft.

  2. Pernah juga punya pengalaman gini. Development test on firefox test di IE6&7 hasilnya kacau dan kantor2 yang udah maju ga bisa ganti sebarang browser..
    waktu itu cari IE6 pun sulit karna kbanyakan developer udah win7 smua…jadi pasang deh plugin user agent di firefox n testing tampilan ampe ke opera..dan dari sekian banyak IE, IE7 lah yang paling bermasalah ha5

  3. buat polemik browser… bkn’ya bisa pake CSS reseter yahh bang, itu kan udah menyeting semua browser ke settingan non default browser, termasuk IE 6

Tinggalkan Balasan

