Halaman Baru, Framework


Baru saja saya membuat halaman baru, Framework. Halaman yang berisikan framework – framework, library – library dan template – template yang saya buat untuk memudahkan pekerjaan saya.

Untuk apa sih saya membuat Framework / Library / Template (disingkat FLT) ? Sebenarnya FLT dibuat hanya untuk memudahkan kita saat membangun perangkat lunak. Artinya jika menggunakan FLT kita malah semakin sulit membangun aplikasi, ya jangan gunakan FLT tersebut πŸ˜€

Framework

Misalnya, yang biasa menggunakan SQL untuk membangsun sistem yang menggunakan basis data, pasti akan sangat terbantu jika menggunakan framework ORM (Object Relational Mapping) seperti Hibernate contohnya. Atau yang bisa membangun website, pasti juga akan sangat terbantu jika menggunakan framework MVC (Model View Controller) seperti CodeIgniter, CakePHP, dan SpringMVC misalnya.

Salah satu kegunaan framework adalah menjadikan kita HARUS mengikuti cara kerja framework tersebut. Dengan menggunakan framework MVC, maka code yang kita buat pasti harus berbasis MVC pula πŸ˜€ Bahkan jika kita tidak menggunakan MVC, bisa dipastikan framework yang kita gunakan akan error πŸ˜€

Lantas, jika menggunakan framework, code kita jadi dibatasi, kenapa kita perlu menggunakan framework? Framework itu perlu saat kita mendevelop aplikasi dalam sebuah team. Bayangkan tanpa adanya framework, orang yang mendevelop aplikasi akan membuat code sesuai dengan yang dia mau dan dia tahu. Padahal code tersebut belum tentu timengerti oleh orang lain. Dengan menggunakan framework, otomatis setiap orang harus mengikuti kerangkat kerja framework tersebut, dan tidak ada yang bisa coding semau gue πŸ˜›

Library

Library merupakan kumpulan code yang berisikan kelas-kelas, fungsi-fungsi yang bisa digunakan dalam pengembangan aplikasi. Contohnya, ada yang namanya SwingX, SwingX ini merupakan library yang didalamnya berisi kelas-kelas komponen Java Swing. Berbeda dengan framework, library hanya berisikan kumpulan kelas yang dapat kita gunakan, tanpa adanya ketentuan konsep yang perlu diterapkan pada sistem kita.

Tidak ada yang namanya library MVC, library ORM dan sebagainya, contoh library adalah Apache Common Math, yang berisikan fungsi-fungsi matematika. Apache Common IO yang berisikan kelas-kelas untuk manipulasi input dan output. Apache Common Collection, yang berisikan kelas-kelas struktur data.

Template

Template merupakan project yang biasa kita buat, contoh setiap kita membuat project web Spring MVC, kita pertama membuat project Java Web, setelah itu tambahkan konfigurasi Spring Application Context, selanjutnya menambahkan Spring Security, selanjutnya menambahkan Hibernate Framework beserta konfigurasinya, selanjutnya mengintegrasikan Hibernate Framework dengan Spring Framework, baru memulai membuat project.

Jika hal tersebut selalu kita lakukan saat membangun project web Spring MVC, ada baiknya kita membuat template project yang berisikan seluruh konfigurasi, selanjutnya saat kita akan membuat project web Spring MVC baru, kita hanya tinggal menggunakan template project yang telah kita buat, singkatnya tinggal kita “copy-paste” saja πŸ˜€

Framework / Library / Template Saya

Saat ditulisnya artikel ini, saya baru membuat 1 Framework, 1 Library dan 1 Template. Framework yang saya buat adalah WebportingEngine, yang merupakan framework untuk menampilkan laporan JasperReport pada Servlet. Dengan menggunakan WebportingEngine, Anda akan mengikuti cara kerja saya untuk menggenerate laporan JasperReport πŸ˜€

Library yang saya buat adalah JWidget, yang merupakan library yang berisikan komponen-komponen Java Swing. Komponen-komponen yang ada pada JWidget dapat langsung digunakan pada project Java Swing anda, tanpa perlu konfigurasi apapun.

Dan Template yang saya buat adalah JRole, yang merupakan template yang berisikan entitas-entitas user role, yang dibuat sebagai template Hibernate, JPA dan Spring Framework. Sengaja saya membuat template JRole karena saya bosan harus membuat dari awal kelas-kelas User, Group dan Role, beserta Service-Service nya πŸ˜€

Mudah-mudahan FLT yang saya buat ini berguna bagi anda sekalian πŸ˜€ Selamat mencoba πŸ˜€

Iklan

6 pemikiran pada “Halaman Baru, Framework

  1. Assalamu’laiakum
    Mas, mw tanya
    adakah cara khusus untuk menjadikan program yang kita buat dengan java dijalankan di komputer lain tanpa menginstal JDKnya dulu???
    Tolong jwbanya ya mas………. lewat email klo bisa

  2. Good info Mas,oh ya mo nanya klo UsuLibrary yg da di project eBookLibrary itu mas Eko yg buat ya,boleh tau gk gmn cara kerjanya n kira2 da gk referensi untuk memprogram library tsb,thanks n sukses y

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s