Instalasi Apache CouchDB di Ubuntu


Apache CouchDB

Apache CouchDB

Apa itu Apache CouchDB? Apache CouchDB Merupakan salah satu database NoSQL yang berbasis dokumen. Apache CouchDB hampir sama dengan MongoDB, namun hal yang menjadikan Apache CouchDB setingkat dibawah MongoDB adalah Apache CouchDB tidak memiliki fasilitas Auto-Sharding seperti MongDB (saat ditulisnya artikel ini).

Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang tahapan instalasi Apache CouchDB pada sistem operasi Ubuntu? Kenapa Ubuntu? Karena saya menggunakan Ubuntu 😀 Dan sampai saat ini saya masih merasa puas menggunakan Ubuntu 😀

Menginstall Dependensi

Sebelum menginstall Apache CouchDB, hal pertama yang diperlukan adalah menginstall seluruh software-software yang diperlukan untuk melakukan proses kompilasi source Apache CouchDB. Ubuntu memberi kemudahan jika kita akan menginstall seluruh software dependensi Apache CouchDB, kita hanya perlu menggunakan perintah :

sudo apt-get build-dep couchdb

Setelah itu, tunggu sampai proses instalasi seluruh dependensi Apache CouchDB selesai.

Mengunduh Apache CouchDB

Apache CouchDB merupakan software opensource yang berada dalam naungan Apache Software Foundation. Hal ini membuat Apache CouchDB dapat kita gunakan secara bebas bahkan bisa kita gunakan untuk keperluan komersial. Untuk mendapatkan software Apache CouchDB kita dapat mengunduhnya di :

http://couchdb.apache.org/downloads.html

Menginstall Apache CouchDB

Setelah mengunduh software Apache CouchDB, ekstrak berkas arsip tersebut. Setelah itu lakukan proses compilasi seluruh sourcecode nya menggunakan perintah :

./configure --prefix=/home/echo/Desktop/couchcb/

Tentukan lokasi akan diinstallnya Apache CouchDB, pada kode diatas saya menginstallnya pada direktori /home/echo/Desktop/couchdb/, sesuaikan dengan struktur direktori anda.

make

Tunggu sampai proses kompilasi selesai.

make install

Tunggu sampai proses instalasi selesai, setelah selesai, maka anda akan mendapati direktori tempat terinstallnya Apache CouchDB berisi software Apache CouchDB.

Selesai dan Apache CouchDB siap dijalankan.

Menjalankan Apache CouchDB

Untuk menjalankan Apache CouchDB kita dapat menggunakan file couchdb yang terdapat pada direktori bin yang ada dalam direktori terinstallnya Apache CouchDB. Gunakan perintah dibawah ini untuk menjalankan Apache CouchDB pada terminal :

./bin/couchdb

Jalankan perintah diatas dari dalam direktori tempat terinstallnya Apache CouchDB, setelah jalan, buka browser anda dan masuk ke URL :

http://localhost:5984/_utils/

Anda akan mendapati bahwa Apache CouchDB telah berjalan 😀

Iklan

Satu pemikiran pada “Instalasi Apache CouchDB di Ubuntu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s