Membuat Update Center pada NetBeans Platform


NetBeans Platform

NetBeans Platform

Peralatan yang diperlukan :

  1. Java Development Kit 1.6
  2. NetBeans Platform 6.9

Pernah membuat aplikasi yang bisa otomatis update module-module yang terinstall? Heheh pasti sulitkan. Bayangkan aplikasi yang dibuat harus dapat melakukan proses deteksi apakah ada module yang baru, jika ada module yang baru, maka aplikasi melakukan proses unduh module tersebut lalu menginstallnya pada saat runtime… Sepertinya ini adalah semuah mimpi buruk jika kita membuat aplikasi secara manual.

Tapi tenang, NetBeans Platform mendukung proses Update seperti ini, namanya Update Center. Dengan Update Center ini, pengguna tidak perlu melakukan proses instalasi ulang untuk mengupgrade ke versi yang lebih baru, pengguna  hanya perlu melakukan update aplikasi, setelah itu aplikasi akan naik ke versi yang terbaru, tanpa harus melakukan proses instalasi ulang, bagaimana? keren kan? 😀

Untuk membuat Update Center, caranya pertama, buat sebuah file update center pada module

New File

New File

Tentukan lokasi Update Centernya. Pastikan ini online, terserah mau di localhost atau dimanapun 😀

New Update Center

New Update Center

Setelah itu, upload seluruh file module dan file updates.xml, cara membuatnya klik kanan project netbeans platform nya, setelah itu pilih Create NBMs. Setelah itu maka akan tercipta sebuah folder updates.

Update Files

Update Files

Upload seluruh file yang ada di folder updates. Dan sekarang selesai, jika ada perubahan pada project, maka lakukan create NBMs terbaru, lalu upload ulang lagi ke server. Dengan begitu aplikasi yang telah diinstall dapat melakukan update untuk module yang terbaru.

Plugins

Plugins

enjoy!!!! 👿

Iklan

8 pemikiran pada “Membuat Update Center pada NetBeans Platform

  1. mas, mw nanya,,, kalo mw bikin file installer dari aplikasi yg kita bikin di netbeans platform gmn sih? saya baca blognya Geertjan, dia jelasin klo di netbeans platform 6.9 bisa pake cara klik kanan file project aplikasi qt trus Build Installers….
    Nah, saya pake NBPlatform 6.8 dan pas saya coba, g ada pilihan Build Installers… adanya Build ZIP Distribution, Build JNLP Application, ama Build Mac OS X Application….

    Saya uda nyoba yg Build ZIP Distribution,, tapi hasilnya ko g kaya executable installer… Malah jadinya kaya aplikasi portable…

    Yang saya pengen, jadi file exe yg bisa nampilin step by step langkah instalasi aplikasi saya…

    Mohon bantuannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s