Menginstall Sun JDK di Ubuntu 10.04 (Lucid)


Ubuntu

Ubuntu

Peralatan yang diperlukan :

  1. Ubuntu Desktop 10.04 (Lucid)
  2. Ubuntu Server 10.04 (Lucid)

Sejak versi lucid ubuntu sudah didak memasukkan sun-jdk ke dalam repositorynya lagi dan menggantinya dengan openjdk, jadi secara default kita tidak dapat menginstall sun-jdk secara langsung dari repository. Tapi ternyata ada caranya juga untuk menginstall sun-jdk di Ubuntu Lucid.

Pertama install python-software-properties

sudo apt-get install python-software-properties

Setelah itu tambahkan repository partner

sudo add-apt-repository "deb http://archive.canonical.com/ lucid partner"

Setelah itu update repositornya

sudo apt-get update

sekarang anda dapat menginstall sun-jdk, tinggal gunakan perintah :

sudo apt-get install sun-java6-jdk

enjoy 😀

11 pemikiran pada “Menginstall Sun JDK di Ubuntu 10.04 (Lucid)

  1. Pertama: Keren nihblognya, ijin bookmark ya.. 🙂
    Kedua : Mas, peralatan yang dibutuhkan itu, artinya, ubuntu desktop and server harus diinstall semuanya????
    Ketiga : Saya pengguna Compaq 510, setau mas, driver wifinya sudah compatible g lum ya mas?? broadcom.. di linux 9.10m ada drivernya tapi tak dapat di install..

    Keempat: maaf kalu banyak banget tanyanya… :D, soalnya tertarik banget ni mas…

    Thax ya

  2. maaf sebelumnya..saya mempunyai masalah ne dengan install JDK di ubuntu. JDK ini saya donlod dengan extensi .bin kemudian saya melakukan perintah
    # chmod +x nama_file.bin dan # ./nama_file.bin setelah selesai di instal kemudian saya mencoba install netbeans dengan ekstensi .sh. Saya double kli dan pilih run terminal. yang terjadi malah gak bisa.. Mohon pencerahannya..

  3. mas, sy lg punya masalah instalasi tomcat 6 di ubuntu 10.04.setting path sudah benar semua.waktu exec startup.sh cuma muncul beberapa variabel example CATALINA dengan PATHnya.mohon pencerahannya!

  4. mas saya punya ubuntu retmix udah saya coba instal tapi pas di klik selalu keluar tidak bisa instal harus di safemode…?? saya pengen instal os xp berdampingan sama ubuntu…. Trim’s

Tinggalkan Balasan

