Agar Input JTextField Otomatis Menjadi Huruf KAPITAL


Java Programming

Java Programming

Peralatan yang diperlukan :

  1. Java Development Kit 1.6
  2. Integrated Development Environtment (NetBeans, Eclipse, dll)

Pada artikel sebelumnya, saya membuat agar input jtextfield hanya angka saja, namun ada yang bilang kalo huruf kapital aja bisa gak? bisa aja, tinggal diganti regex [0-9]* menjadi [A-Z]*, tapi yang jadi masalah, kalo seperti itu, ketika seseorang mengetikkan huruf ‘a’, maka gak akan diterima, harus ‘A’. So, lebih baik ketika user memasukkan huruf ‘a’, alangkah baiknya diubah menjadi ‘A’ secara otomatis 😀

Caranya, tinggal kita manipulasi sedikit dari artikel sebelumnya tersebut.

jTextFieldHarusKapital.setDocument(new PlainDocument() {

    private static final long serialVersionUID = 1L;

    @Override
    public void insertString(int offs, String str, AttributeSet a) throws BadLocationException {
        str = str.toUpperCase();
        if (str.matches("[A-Z]*")) {
            super.insertString(offs, str, a);
        } else {
            // data ditolak
        }
    }
});
JTextField Kapital

JTextField Kapital

Mudahkan? 😀

Iklan

14 pemikiran pada “Agar Input JTextField Otomatis Menjadi Huruf KAPITAL

  1. kk.. klw seperti ini kyk nya lebih simpel deh, buat langsung di event KeyTiped di JTextField yang dimaksud

    private void jTextFieldHarusKapitalKeyTyped(java.awt.event.KeyEvent evt) {
    evt.setKeyChar(Character.toUpperCase(evt.getKeyChar()));
    }

  2. mas klo seumpama untuk karakter-karakter tertentu misal seperti karakter tanda baca kayak gini (“”) ato ni (“) ato mungkin “garis miring” gitu….
    cara filternya gimana….

  3. hello!,I like your writing so much! share we keep up a correspondence extra about your article on AOL? I require an expert on this space to resolve my problem. May be that is you! Looking ahead to look you. fgfdagekdbba

  4. Mas Eko…bisa nggak di coding itu nambahin buat membatasi inputan pada textfield itu misalnya batasnya hanya 20 karakter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s