DynamicReport, Pembuat Laporan JasperReport Dimanis


Tau ribetnya bikin report menggunakan JasperReport kan? Pertama harus buat file JRXML, atau kalo mau mudah bisa pake iReport, lalu setelah itu kompile hasilnya, hasil kompile baru bisa diload ke aplikasi form kita 😀

hmmm………………… males deh.

Saat ini sudah ada DynamicReport, framework buat bikin report yang bisa secara dinamis membuat laporan, tanpa membuat XML dan sebagainya, ini contoh kodenya :

import static net.sf.dynamicreports.report.builder.DynamicReports.*;

	public class Report {

		private void build() {
			try {
				report()//create new report design
				  .columns(...) //adds columns
				  .groupBy(...) //adds groups
				  .subtotalsAtSummary(...) //adds subtotals
				  ...

				  //set datasource
				  .setDataSource(...)

				  //export report
				  .toPdf(...) //export report to pdf
				  .toXls(...) //export report to excel
				  ...
				  //other outputs
				  .toJasperPrint() //creates jasperprint object
				  .show() //shows report
				  .print() //prints report
				  ...
			} catch (DRException e) {
				e.printStackTrace();
			}
		}
		...
	}

mudah kan?

secara dinamis kita bisa tentukan kolomnya, isi laporannya, dan lain-lain…. 😀

haha, silahkan eksplorasi disini : http://dynamicreports.sourceforge.net/

enjoy!!!!

Iklan

17 pemikiran pada “DynamicReport, Pembuat Laporan JasperReport Dimanis

  1. temen2 yg baik hati…mau tanya nih…
    1. gimana caranya bikin struk dinamis?jd panjang kertas struk tergantung jumlah item…
    2. gimana caranya biar kalo kita print, langsung eksekusi print, gak usah pake print preview..
    itu aja dulu…mungkin ada yg bisa membantu…boleh dishare ato kirim ke email dunk..di wawawmanuver@gmail.com.terimakasih.

  2. Mas mau tanya nih ada konfigurasi ngak untuk event closenya si DynamicReports masalahnya kalo setiap saya view reportnya Frame Induknya juga ikut keluar jadi semua aplikasi jadi tertutup ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s