Menampilkan Gambar Bendera dalam JTable di Java Swing


pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang cara menampilkan gambar bendera dalam jtable. jtable memang salah satu komponen yang sangat komplek dalam swing, tapi saya sangat menyukainya karena mudah untuk dikostumasi 😀 dan contohnya pada tulisan ini saya akan mengkostumasi tampilan jtable, agar dapat menampilkan gambar bendera 😀

pertama, buatlah sebuah project java application.

kedua, buatlah kelas benbera, disini saya menamakannya dengan kelas flag, dimana kelas flag ini akan digunakan sebagai kelas yang merepresentasikan bendera, didalamnya terdapat nama negara bendera tersebut, dan gambar benderanya menggunakan imageicon.

ketiga, setelah membuat kelas flag, saatnya memasukkan gambar bendera yang akan ditampilkan ke jtable. sebenarnya tidak harus gambar, anda dapat menggunakan gambar apa saja. dan untuk memudahkan load gambarnya, buatlah utilities untuk melakukan load gambar dengan mudah.

keempat, setelah selesai membuat bendera, dan gambar bendera sudah ada, saatnye membuat form untuk menampilkan jtable.

kelima, saatnya mengisi data dalam jtable. disini saya menggunakan data sedernaha, yaitu hanya data nama dan bendera, untuk data jtable ini anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda, sehingga tidak harus sama dengan yang saya buat.

terakhir, saatnya mengubah tampilan kelas flag menjadi gambar bendera. caranya adalah dengan membuat tablecellrender sendiri. untuk memudahkan membuat tablecellrender, anda dapat membuat turunan defaulttablecellrender, sehingga pembuatan tablecellrender akan sangat mudah seperti yang terlihat dalam video dibawah ini.

menarik bukan? dibandingkan hanya dampilan teks saja?

silahkan download sourcecodenya disini :

http://swing-usu.googlecode.com/files/flag-in-table.zip

16 pemikiran pada “Menampilkan Gambar Bendera dalam JTable di Java Swing

  1. mas perkenalkan kami dari jug ist akprin yogyakarta, ngadakan jamu, tempat di IST akprin yogyakarta, pembicara dari JUG joglosemar,,,,, hari sabtu.

  2. Assalamu Alaikum…
    Salam kenal mas dari Makassar Sul – Sel, aku baru di java (beginner) dan bikin aku puyeng meload data dari database ke Jtabel. Jadi aku sangat minta tolong kepada mas buat tutor load data ke jTabel dari yang sederhana sampai agak komplit, makasih ya kalau ditanggapi.

    Bravo Java…

  3. Halo mas Echo, mungkin anda sudah lupa. Tapi dulu saya sudah pernah chat dengan anda, saya juga suka JAVA. Tapi karena saya sekarang dah kerja jadi jarang banget pegang. Kebetulan kemarin ada job bikin aplikasi dari bos. Ada sedikit masalah nih.
    Saya ambil value dari MySQL, saya taruh di jTable. Saat menggunakan method insertRow() waktu mengambil data dari MySQL yang berformat Date, otomatis dikorfersi ke Objek Date oleh JAVA walaupun saya menggunakan method getString() untuk argumennya. Memudahkan memang, sehingga fitur sort tidak perlu saya atur, karena dah dikonfersi ke Objek Date jadi dah beres. Tetapi ada masalah saat field Date di MySQL bernilai “0000-00-00” (saya set default ke angka tersebut), terjadi runtime error. “SQLException: Value ‘0000-00-00’ can not be represented as java.sql.Date”. Sementara sih saya akali dengan set default ke “2000-01-01”, beres sih tapi kayak “janggal” ajah. Ada saran mas?
    Terus 1 lagi, karena dah dikonfersi ke Objek Date, output menjadi berformat “yyyy-mm-dd”. Bagaimana merubah output pada jTable tersebut menjadi “01 Januari 2010” (misal) tetapi Objek tetap Date (agar bisa di-sort)?

    Makasih mas, kalau mau dijawab disini kepanjangan. Email juga oke: panoet.h@gmail.com

    Promo dikit: boleh juga nih mampir ke blog aku 🙂 http://www.panoet.com
    Baru bikin, lagi persiapan migrasi ke wordpress.

    • Date yang digunakan untuk save ke database itu menggunakan java.sql.Date bukan java.util.Date
      selain itu kita tidak bisa menyimpan ke database dengan tipe string kalo tipe kolomnya date, harus java.util.Date
      kalo mau menampilkan format tulisan tanggal di jtable silahkan gunakan TableCellRenderer

      • Makanya itu mas. MySQL field udah tipe Date, dah kompatible lah. Kendalanya cuma di default value-nya kalau user pas ga ngisi kolom itu. Kalau dikasih default value “0000-00-00” runtime error…
        Atau solusinya cuma diakali pake try-catch?

  4. mas mau tanya gmana cara akses suatu variabel yang ada di class berbeda. contoh classa ada textboxt nya trus kita jalankan classb dan variabel d klass b mau disi buat d textbox class a???mohon pencerahanya.

  5. asalamualaikum…
    om.mas.pak.tante.ibu./////////

    sharing nya bagus banget….
    klo bisa tolong jelasin kegunaan ma cara kerja sintax nya biar tambah ngerti….
    misalnya method itu apa trus fungsinya begini buat ini….
    makasih…

    mari kita mencerdaskan bangsa indonesia…
    wassalam,

Tinggalkan Balasan

