Optimisati Kinerja dan Kecepatan NetBeans IDE


NetBeans IDE

NetBeans IDE

Jika saya perhatikan. kebanyakan pengguna NetBeans IDE itu mengeluh dengan performa netbeans  yang lambat 😀 dan berat. yup bisa dibilang seperti itu. tapi hal itu bisa diakali jika kita tau bagaimana cara mengoptimisasi nya. Mungkin sebenarnya banyak sekali caranya, namun disini saya hanya akan bahas 2 teknik untuk mengoptimisasi kinerja NetBeans IDE.

Matikan plugin NetBeans yang tidak diperlukan.

Ini adalah hal yang wajib dilakukan jika kita menggunakan netbeans. Misal saja jika kita baru belajar Java, maka pasti kita hanya akan belajar java standard edition. kita tidak akan menggunakan plugin netbeans untuk php, jme, jee sampai ruby. jadi seharusnya plugin netbeans yang lainnya selain jse dimatikan. cara mematikannya seperti ini :

Pertama buka netbeans, lalu masuk ke menu Tools > Plugins, setelah itu maka akan ada dialog plugin. Masuk ke bagian Installed. seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :

NetBeans Plugins

NetBeans Plugins

pada gambar diatas terlihat plugin yang terinstall di netbeans dan plugin yang aktiv. pada gambar diatas yang aktif adalah plugin Java ME, Java SE, Java web and EE, Base IDE. Untuk Base IDE itu wajib aktif, namun untuk yang lainnya itu bisa dinonaktifkan. Anggap saja kita baru belajar NetBeans jadi kita tidak perlu menggunakan plugin untuk Java ME , Java Web dan Java EE. Jadi lebih baik kita nonaktifkan.

Caranya ceklis plugin yang akan dinonaktifkan setelah itu klik tombol Deativate. Dan ikuti step by step untuk deaktivate nya. Setelah itu restart netbeansnya. maka anda bisa merasakan bahwa netbeans akan lebih cepat 😀

Ubah LookAndFeel NetBeans menjadi Metal

jika anda menginstall Netbeans di Windows atau Linux GNome, maka otomatis netbeans akan memiliki lookandfeel (tampilan) yang native dengan theme yang digunakan. berbeda jika menggunakan Linux KDE. biasanya berjalan menggunakan lookandfeel Metal, jadi jika menggunakan KDE anda tidak perlu mengubah lookandfeelnya lagi.

Untuk mengubah LookAndFeel menjadi metal caranya anda masuk ke direktori tempat terinstallnya Netbeans, lalu masuk ke direktori “etc” dan terdapat file bernama “netbeans.conf“.  Buka file tersebut lalu tambahkan tulisan :

–laf javax.swing.plaf.metal.MetalLookAndFeel

pada akhir baris yang diawali dengan tulisan :

netbeans_default_options=”…”

jadi hasilnya seperti ini :

netbeans_default_options=”….. –laf javax.swing.plaf.metal.MetalLookAndFeel”

sekarang jalankan lagi netbeasn nya, maka lookandfeel netbeans sekarang akan menjadi Metal.  tampilannya akan menjadi jelek sih 😀 tapi ini lebih cepat jika dibandingkan lookandfeel yang native dengan sistem operasi yang digunakan :D. Hasilnya seperti ini :

NetBeans IDE

NetBeans IDE

SEMOGA BERHASIL!!! 😀

Iklan

10 pemikiran pada “Optimisati Kinerja dan Kecepatan NetBeans IDE

    • bukan gak jalan
      tapi saat lo ngedit file netbeans.conf, windows sebenarnya gak ngijinin file yang ada di C di ubah, makanya gak ngefek apa2

      gak percaya coba buka lagi file netbeans.conf, pasti gak berubah walupun sudah diubah 😀

  1. Di Fedora nya gak mau jalan y?
    apa ada plugins yang harus di donlot dl?
    saya ubah jadi gini..
    netbeans_default_options=”-J-client -J-Xverify:none -J-Xss2m -J-Xms32m -J-XX:PermSize=32m -J-XX:MaxPermSize=200m -J-Dapple.laf.useScreenMenuBar=true -J-Dsun.java2d.noddraw=true –laf javax.swing.plaf.metal.MetalLookAndFeel”..

    kumaha tah??

  2. Mas saya mw nanya nich.. kalo java netbeans IDE 6.9.1 bisa dihubungkan ke flash CS4 ga??
    yang baru saya tau cuma VB dan delphi..
    klw Netbeans bsa tdk??
    tolong d balas ya.. ni penting untuk TA saya.. THX B’4

  3. mas eko,
    flash bisa gak dimasukin ke dalam aplikasi j2se dgn menggunakan netbeans?
    biar tampilan aplikasi dekstop’a lebih menarik gtu mas.
    tolong d bls ya.
    thX

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s