Kenapa Saya Menggunakan Linux


ini adalah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya :

Alasan – Alasan yang Salah Migrasi dari Windows ke Linux

sebenarnya artikel ini tidak akan pernah dibuat, namun karena banyak temen-temen yang menanyakan kenapa saya menggunakan linux? dan temen-temen berfikir siapa tahu sebenarnya saja juga menggunakan linux karena alasan-alasan yang salah yang saya sendiri yang membuatnya 😀

ini adalah alasan pribadi, bukan alasan yang saya buat-buat agar saya terlehat lebih pintar, jenius atau apapun. jadi mungkin alasan-alasan ini tidak akan pernah cocok dengan orang lain kecuali saya sendiri. yup, saya adalah saya, dan anda adalah anda 😀

saya saat ini hanya baru mencoba dua distro linux, ubuntu dan linuxmint. saya bukan lah orang yang biasa ditemuin di orang-orang linux. kenapa? karena biasanya orang-orang linux itu sering coba-coba distro. dan saya tidak suka coba-coba distro. saya lebih suka mendalami satu distro 😀

saya senang menginstal aplikasi dari sourcecode

ini adalah alasan pertama kenapa saya senang menggunakan linux. maksudnya apa y? begini, biasanya bagaimana cara kita menginstall aplikasi?

Orang Windows, “download aplikasi, trus double klik dan next, next, next”

Oran Ubuntu, “buka terminal, trus ketik ‘apt-get install bla bla bla’”

dulu saya senang menggunakan apt-get milik ubuntu, tapi sekarang saya jarang menggunakannya jika akan menginstall aplikasi yang berhubungan dengan programming seperti MySQL, Ruby, Apache, PHP dan lain-lain. Saya lebih senang melakukan kompilasi sendiri dari sourcecode-nya.

lantas kenapa menggunakan linux untuk melakukan proses kompilasi? alasannya karena kebanyakan aplikasi yang saya senangi itu berbasis opensource dan dibuat menggunakan bahasa C. dan karena semua distro linux biasanya sudah terinclude modul gcc maka ini dapat mempermudah saya melakukan kompilasi sourcecode

linux dapat dikembangkan menjadi sistem yang baru

alasan ini mungkin sangat tepat. maka dari itu banyak sekali sistem baru muncul dari sistem sebelumnya. seperti ubuntu yang muncul dari debian ataupun linuxmint yang muncul dari ubuntu. ini adalah hal yang menarik buat saya. dengan mempelajari linux setidaknya nanti saya bisa membangun sistem baru dari linux atau mengembangkan sistem linux yang telah ada.

jika saya terus berkecimpung di windows mungkin saya tidak akan pernah bisa membangun sistem baru diatas windows. maka dari itu sekarang ada yang namanya linux blankon, dan bukan windows blankon 😀

fault tolerance untuk hardware di linux lebih baik

salah satu port laptop yang saya gunakan rusak, sehingga kinerja laptop saya kurang sempurna, dan saat dilakukan instalasi windows xp dan vista ternyata selalu gagal saat mendeteksi adanya error port tersebut. dan akhirnya proses instalasi yang telah berjalan setengah itu gagal total.

namun berbeda dengan linux, saat melakukan instalasi linux, ternyata saat linux mendeteksi adanya kerusakan hardware, linux tersebut hanya memberitahu adanya kerusakan tanpa menghentikan instalasi. dan bahkan instalasinya selesai dengan baik seperti tidak ada kerusakan sedikitpun pada perangkat kerasnya.

dari sini bisa dilihat ternyata linux lebih fault tolerance dari pada windows.

dan…

dan alasan-alasan lainnya mungkin alasan-alasan narsis yang tidak perlu saya ungkapkan 😀

8 pemikiran pada “Kenapa Saya Menggunakan Linux

  1. Kalo saya setuja sama alasan pertama dan kedua.. karena saya juga seperti itu, ahahaha..

    Ngobrol2, mas Khann udah pernah buat aplikasi desktop pake Barcode Reader di Linux ndak??

  2. saya dulu pernah pake linux, tapi kompi saya gak loading pas saya ubah port IDE dari BIOS mungkin gw masih newbie. Install ubuntu tampilannya aja yang bagus, tp kontennya menurut gw garing bgt.., masih bagusan aplikasi gratisan di windows. Mau nyetel mp3 aja pas baru install gak bisa, harus ini-itu dulu [harap dikoreksi..].

    • soalnya yang aplikasi bawaaan linux ubuntu itu semuanya berlisensi GNU
      sedangkan kodek untuk MP3 gak berlisensi GNU
      jadi wajar kalo gak diinclude ama ubuntunya 😀
      coba pake LinuxMint, itu linux turunan Ubuntu yang dah komplet
      LinuxMint berani ngebundle aplikasi2 yang berlisensi bukan GNU 😀

  3. gw mah mau stick with windowz aja, why.. ?
    1. Klo ingin produktiv + professional mending pke win
    2. Klo ingin coba-coba distro mending pke linuxz
    3. Programing di atas OS aja susah, mau buat OS. Klo mau buat langsung mulai dari kernelnya jangan tampilannya aja. Di win juga bisa klo mau, buat aja Themes-nya
    4. Linux pasnya buat belajar ma coba-coba utak-atik kernel pake bahasa C, he..he.. sekalian Assembly juga boleh…
    5. Tapi win kan bayar ? Lha beli kompi aja pake uang…, kecuali kompi dikasih gratis jadi OS-nya gratis, uhuy asik…
    6. Km cukup investasikan buat beli OS win aja, software lain cukup yang gratisan.
    – mau coding java++, ada netbeans, eclipse for win
    – mau coding .net ada ide yang express
    – mau ngoprek php+mysql, ada xampp, wampp, dl
    – mau nyetel lagu ada winamp
    – mau nyetel multimedia++ pake codec gratis
    – mau download cepat ada idm, flashget, mass downloader
    – mau office gratis ada openoffice
    – mau..?

    Mantap kan…?
    Pake linux…? harus ini itu dulu dah…, kapan produktifnya…
    harddisk jadi sering diformat gara-gara coba-coba distro.
    fault tolerance ? baca tulisan diatas, jadi ingat proses penanganan kesalahan, try..catch. Linux membolehkan adanya kerusakan, jadi nambah nih potensi system crash (baiknya benerin dulu sebelum dijalankan, jangan dibenerin saat dijalankan).

    Kalau ada yang mudah kenapa pilih yang susah??!!!
    he he he he.

    Jadi judulnya “Kenapa saya tidak menggunakan linux”.

    Using your brain and heart to see… 😀

Tinggalkan Balasan

