[Java] Melindungi “Kekayaan Intelektual” Dengan Obfuscator


Obfuscated Code merupakan code atau source code yang sulit dimengerti oleh manusia, namun dimengerti oleh mesin. Dan alat untuk membaut Obfuscated Code tersebut dinamakan Obfuscator.

Java merupakan bahasa pemrograman yang memerlukan proses kompilasi untuk menjalankannya. Dan hasil dari kompilasi dari JDK berupa file binary yang biasanya merupakan file dengan extensi .class. Namun yang menjadi masalah adalah file binary hasil kompilasi JDK ternyada dapat didekompilasi menjadi sourcecode. Sehingga saat kita membuat perangkat lunak close source, maka ini akan menjadi masalah, karena orang lain dapat melakukan dekompilasi terhadap code yang kita buat.Obfuscation merupakan salah satu tehnik yang bisa kita gunakan untuk meminimalisasi pelanggaran hak “Kekayaan Intelektual” yang kita buat. Sebenarnya inti dari Obfuscation ini bukanlah mengenkripsi file, melainkan mengubah struktur file yang telah kita buat menjadi struktur file yang sulit untuk dimengerti oleh manusia, namun tetap dimengerti oleh mesin.

Sehingga dengan Obfuscation, kode program yang telah kita buat dapat tetap berjalan, dan saat ada orang lain yang melakukan dekompilasi terhadap kode program kita, maka hasil sourcecode dekompilasi akan sulit dimengerti alias acak-acakan.

Saat Ini sudah mulai banyak Obfuscator yang dibuat untuk keperluan Obfuscation ini, salahsatunya jika kita menggunakan Java, kita dapat melakukan Obfuscation menggunakan ProGuard. ProGuard merupakan perangkat lunak yang dibuat menggunakan java dan digunakan untuk melakukan Obfuscation terhadap kode Java.

ProGuard adalah salah satu Obfuscator untuk Java

Contoh yang paling berguna melakukan Obfuscator adalah saat kita membuat program menggunakan bahasa Dynamic seperti PHP. Jika kita membuat web menggunakan PHP lalu didistribusikan, maka otomatis orang lain bisa melihat sourcecode PHP tersebut, maka dari itu Obfuscation perlu dilakukan agar orang lain bingung ketika melihat sourcecode file PHP yang telah kita buat 😀

Artikel yang bagus untuk dibaca :

Iklan

5 pemikiran pada “[Java] Melindungi “Kekayaan Intelektual” Dengan Obfuscator

  1. Kang, bahas donk cara penggunaan proguard, saya agak bingung nih cara penggunaan nya..,
    saya buat aplikasi dekstop kang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s