Pengenalan Data Access Object {1} Intro


Data Access Object atau lebih terkenal singkatannya yaitu DAO merupakan Design Pattern yang biasa digunakan oleh seorang Java Developer dalam membangun sebuah Sistem berbasis Database.

DAO merupakan sebuah konsep dimana digunakan untuk menangani kasus yang terjadi dalam Busnis Logic, atau lebih gampangnya proses yang berhubungan dengan Manipulasi Data dalam Database. DAO merupakan pola membangun sebuah bisnis logic secara terstruktur sesuai dengan Entitas yang terdapat pada Database.

Misal saja, saya memiliki sebuah perangkat lunak, dimana dalam perangkat lunak itu terdapat banyak entitas, misal saja entitas Administrator, Customer, Distributor dan lain-lain. Berdasarkan konsep DAO, semua entitas tersebut harus memiliki DAO masing-masing, dimana biasanya DAO tersebut menangani proses manipulasi entitas tersebut masing-masing

Misal untuk entitas Administrator, maka harus dibuat sebuah DAO dengan nama AdministratorDao. Untuk Customer dibuat sebuah DAO dengan nama CustomerDao, dan entitas-entitas yang lainnya.

Biasanya dalam DAO tersebut terdapat fungsi-fungsi untuk memanipulasi data seperti INSERT, UPDATE, DELETE, SELECT, tergantung kebutuhan setiap entitasnya. Sehingga tidak harus semua proses DML (Data Manipulation) harus dibuat, misal saja jika Administrator tak dapat di hapus, maka tak perlu ada proses DELETE di AdministratorDao.

* Pada bagian selanjutnya akan saya bahas tentang cara membuat DAO dalam Java menggunakan JDBC dan juga Hibernate, selain itu apa kekurangan DAO dan bagaimana cara menanggulanginya 😀

bersambung……

Iklan

9 pemikiran pada “Pengenalan Data Access Object {1} Intro

  1. Pada bagian selanjutnya akan saya bahas tentang cara membuat DAO dalam Java menggunakan JDBC dan juga Hibernate, selain itu apa kekurangan DAO dan bagaimana cara menanggulanginya 🙂

  2. ini yang saya tunggu..mantab, agak pusing juga liat cd swingmakeover yang gw beli dari lw waktu bahas soal DAO…bisa buat referensi tambahan,btw makasih cd nya sangat membantu…^^

  3. kmu bilang : Berdasarkan konsep DAO, semua entitas tersebut harus memiliki DAO masing-masing, dimana biasanya DAO tersebut menangani proses manipulasi entitas tersebut masing-masing

    sya nanya donk,,,

    knp bisa bgtu??klo alasanya karna kosep DAO,, bisa jabarkan/dikasihtau ga ke saya seluruh konsep DOA itu apa aj?? saya mao tau konsep2 yang dimiliki DAO tuh apan aja?

    trus,knp entitas2 tidak bisa digabung aj jdi satu DAO nya, jdi entitas admin, consumen, barang dll semuanya jdi satu DAOnya??

    apa ruginya klo hal sperti itu dilakukan??

    mohon di jawab..

    • Hal ini untuk membuat source code lebih mudah dimantain dan loose coupling, coba bayangkan pada skala aplikasi yang sangat besar dimana terdapat puluhan entity atau bahkan ratusan, bayangkan bagaimana code jadi sulit didebug bila terjadi kesalahan bila cuma terdapat satu DAO saja.

      Dengan menggunakan framework misal Hibernate dan membuat Generic class maka kita bisa lebih menyederhanakan DAO untuk proses manipulasi standar misal save, update, atau delete. Sehingga kita bisa membuat kelas turunan dari class tersebut.

      Mohon dikoreksi bila ada kesalahan.

  4. Ping balik: Pengenalan Data Access Object {1} Intro « {pr09r4m3r j00ml0}

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s