linux mint 7 (gloria) is release


sekarang linux mint 7 dengan code name Gloria dah release, silahkan download 😀

linuxmint gloria

http://www.linuxmint.com/download.php

Iklan

belajar javascript menggunakan chrome


google chrome adalah salah satu browser yang sedang naek daun sekarang, yup simple, fast and elegant, itulah google chrome. mungkin konsep pembuatan chrome ini melihat dari website google yang gak banyak menu alias gak banyak ini itu 😀

nah kali ini saya mau kasih sedikit trik belajar javascript menggunakan google chrome 😀 , hmm biasanyakan kalo belajar javascript kita buat scriptnya pake notepad, atau dreameweaver lalu ditest pake browser firefox, chrome atau yang lainnya, tapi kali ini gak usah 😀 , anda bisa langsung mengetikkan script javascriptnya lalu langsung meliat hasilnya di googlechrome.

Baca lebih lanjut

cara mengubah variabel private


sebenarnya dalam konsep OOP ada yang namanya visibility atau penampakan, heheh kayak apa aja…

biasanya yang diketahui dalam OOP tuh ada 3 visibility, public, private dan protected, hanya dalam java ada satu lagi yaitu default, hanya yang default ini memang jarang sekali dipakai. nah sekarang pertanyaannya apakah kita bisa mengubah nilai sebuah variabel private? padahal dalam konsep OOP sendiri harusnya variabel private itu tidak bisa dirubah kecuali oleh class itu sendiri, artinya dari luar class tidah bisa mengubah, boro-boro mengubah mengakses pun tidak bisa, namun ini menjadi pengecualian dalam Java 😀

Baca lebih lanjut

JavaServerFaces vs SpringMVC


 springmvc

kadang memang sangat menarik jika membandingkan dua buah teknologi yang bisa dibilang teknologi itu memang sedang hot atau dengan kata lain teknologi tersebut sedang banyak digrandrungi. contoh saja, grails vs rails, oracle vs sqlserver, java vs .net, dan lain sebagainya.

jsf

namun, kadang tidak semua perbandingan teknologi tersebut bisa menjadi tolok ukur untuk kita untuk men-judge teknologi-teknologi tersebut. alangkah baiknya perbandingan teknologi tersebut dapat menjadikan kita lebih bijak dalam menggunakan suatu teknologi. kenapa? kareng tidak ada teknologi yang bagus dalam segahal, pasti ada kekurangan dan kelebihannya dibandingkan dengan teknologi yang lainnya.

kali ini saya akan cuba membandingkan dua buat framework web java yang sangat populer, yaitu java server faces dan springmvc…

Baca lebih lanjut

Video Tutorial Java Sudah Dapat Dipesan Kembali


berhubung kemarin ada kesalahan teknik dengan perangkat keras milik saya, jadi video tutorial tidak dapat dipesan, tapi sekarang Video Tutorial Java sudah dapat dipesan dan sekarang tidak dalam bentuk DVD menainkan dalam bentuk CD

–> Lihat Disini <–

bersiap dengan eclipse galileo


sebenarnya saya bukanlah orang fanatik 😀

jangan heran kalo saya kadang ngomongin netbeans, kadang ngomongin eclipse atau pernah juga saya ngomongin soal intelliJ.. 😀

saat ditulisnya tulisan ini, eclipse 3.4 (ganymede), hanya saja memang sudah release dengan eclipse 3.5 (galileo) namun masih versi M dan rencananya eclipse galileo itu akan direlease pada tanggal 24 Juni 2009. mudah-mudahan aja sesuai rencana. tanggal ini juga bisa diliat pada gambar halaman eclipse galileonya :

Baca lebih lanjut

kenapa java itu mudah?


mudah?

apanya yang mudah! susah kali!

hmmm, patut ditanyakan jika itu jawaban anda. kenapa? saya beri beberapa alasan kenapa java itu mudah dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.

Baca lebih lanjut

kesalahan dalam membuat perangkat lunak


kebanyakan saat seseorang membuat perangkat lunak, dia akan memulainya dari membuat ERD, itupun kalo orang tersebut membuat perangkat lunak yang berhubungan dengan database. jika tidak berhubungan dengan database, biasanya orang tersebut akan langsung membaut perangkat lunak tersebut alias dengan kata lain orang tersebut akan mulai coding.

semakin banyak pengalaman orang tersebut membuat perangkat lunak, semakin cepatlah orang tersebut akan mampu menyelesaikan perangkat lunak ini. hmm dengan demikian pelanggan alias orang yamg meminta dibuatkan perangkat lunak itu akan tersenyum dan bilang, “anda hebat!”.

Baca lebih lanjut