framework yang penting di Java (non web)


artikel ini pendapat gw, jadi kalo gak sesuai atau ingin menambahkan silahkan komplen di komentar 😀 , kita berbagi pengalaman aja 😀 . Framework? apa tuh framework? artikel yang pernah di tulis oleh Endy dari Artivisi mungkin bisa membantu pengetahuan lo tentang framework http://endy.artivisi.com/blog/java/intro-framework/

seperti diliat dijudulnya, gw disini gak bahas tentang framework web, soalnya kalo framework web seperti JSF, SpringMVC, Struts2, Tapestry itu emang penting tapi menurut penggemarnya. jadi gw bahas framework yang bukan web.

Hibernate Framework

yup, framework ini sudah tersohor dimana2, bahkan Hibernate framework sudah bisa mengalahkan popularitas dari Java Persistence API, padahal JPA itu sendiri merupakan spesifikasi langsung dari SUN. Hibernate merupakan framework Object Relational Mapping, dimana dengan framework ini kita bisa lebih mudah melakukan proses Persistence.

http://www.hibernate.org/

Spring Framework

nah selain Hibernate, ada juga framework yang sama populernya seperti Hibernate, namanya Spring Framwork. framework ini memperkenalkan konsep IoC (Injection of Controll) adan dikenal dengan nama Dependency Injection. selain itu Spring juga terus berkembang sampai2 Spring bisa dibilang framework Enterprise, karena bisa ditempatkan dimana saja dan dapat diintegrasikan dengan berbagai framework seperti Hibernate contohnya.

http://www.springframework.org/

Apache Lucene

framework ini mungkin jarang didengar disini (indonesia) 😀 , tapi kalo di luar negri framework ini sudah wajib digunakan, khususnya jika membangun sebuah sistem website. lucene ini merupakan framework untuk information retrieval, dimana dengan lucene ini, untuk membangun sistem yang support IR, akan lebih mudah. hampir sama seperti melakukan proses save ke database. saking hebatnya framework ini, sampai-sampai Hibernate membangun sebauh framework baru dengan nama Hibernate Search yang menggunakan Lucene sebagai Core dari Hibernate Search.

http://lucene.apache.org/

Apache ActiveMQ

entah apa ActiveMQ ini bisa dibilang framework ato enggak. tapi yang pasti activemq merupakan implementasi dari JMS paling populer di jagad raya :D. activemq sangat bagus jika kita membangun aplikasi yang membuatuhkan fasilitas JMS. namun jika kita menggunakan Enterprise Server seperti GlassFish, JBoss, Geronimo, Websphere. ActiveMQ jadi tidak perlu digunakan. tapi jika kita akan membangun sebuah sistem yang perlu JMS tanpa menggunakan Enterprise Server, ActiveMQ wajib dipake.

http://activemq.apache.org/

JFreeChart

jfreechart merupakan framework untuk chart. framework ini bisa digunakan di Swing maupun JFace. jfreechart merupakan framework yang paling populer untuk membuat chart.

http://www.jfree.org/jfreechart/

JasperReports

jasperreports merupakan framework yang paling populer untuk membuat laporan. selain itu dengan adanya ireport yang merupakan gui builder untuk membuat laporan jasperreport, semakin membuat jasperreport populer.

http://jasperforge.org/plugins/project/project_home.php?group_id=102

Direct Web Remoting

framework ini merupakan frmework yang bisa kita pake untuk mempermudah membaut aplikasi web berbasis AJAX, dengan DWR ini, kita gak perlu punya pengetahuan advanced di AJAX. karena hanya sedikit sekali menyentuh JavaScript. dan lebih banyak di koding Java

http://directwebremoting.org/

Google Web Toolkit

framework ini merupakan framework RIA yang artinya Aplikasi BErbasis Web. jadi dengan GWT kita bisa membangun aplikasi layaknya aplikasi desktop namun berbasis Web. GWT merupakan framework yang bisa digunakan untuk menkonpersi koding Java ke koding JavaScript, sehingga kita tidak perlu tau tentang javascript untuk membuat aplikasi berbasis web.

http://code.google.com/webtoolkit/

???

huh, sebenarnya masih banyak, cuma kalo kebanyaklan tar yang mao belajar malah pada pusing :D, tapi dengan model framework diatas kita udah bisa masuk ke kompetensi para javaholic 😀

Iklan

12 pemikiran pada “framework yang penting di Java (non web)

  1. mau klarifikasi…..mengenai Framework web maupung swing sma aj…!!
    artinya :
    1. framework web seperti Spring (MVC) itu bsa dipakai di Swing bgtu juga framework hibernate juga bisa di pakai di web…
    jadi gk di batasi soal framework!!
    2. smua jenis framework saling berhubungan tidak erdiri sendiri”…jdi klu mau dipelajari..semuanya lebih baik…!!

  2. Wah emang mantep nih Java. Dukungan dari developer dan dukungan dari komunitas sama2 lengkap …. 😀
    Jadi semakin semangat belajar Java 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s