mengubah httpport default oracle express edition di windows


berbeda ama instalasi dilinux :

https://eecchhoo.wordpress.com/2009/03/10/menginstall-oracle-10g-exress-edition-di-linuxmint/

kalo di windows, lho gak bisa ubah setting httpport oracle express edition, karena secara default bakal portnya tuh 8080, nah yang jadi masalah gimana kalo kita jalanin tomcat ato glassfish ato jboss di port yang sama? karena kebanyakan server java tuh default portnya 8080 😀

nah supaya gak bentrok, ada baiknya kita ubah port oracle express edition itu 😀

caranya?

caranya pertama masuk ke SqlPlus lewat Windows –> All Program –> Oracle Express Edition –> Run SQL Command Line, maka keluar SqlPlus seperti ini :

image

setelah itu ketikkan login sebagai system dengan cara :

connect system

setelah di enter lho bakal disuruh masukin password, nah kalo udah ketik ini :

begin
dbms_xdb.sethttpport(‘8181’);
end;
/

terserah mo lho ganti jadi port berapa, disana gw jadi port 8181, seperti terlihat dibawah ini hasilnya :

image

setelah itu coba masuk ke http://localhost:8080/apex , niscaya bakal NOT FOUND :

image

haha, jadi sekarang lho harus masuk ke http://localhost:8181/apex :

image

Iklan

8 pemikiran pada “mengubah httpport default oracle express edition di windows

  1. ooo, gitu… ternyata harus jadi manual g bisa langsung lewat shortcut di start menu ya… pantesan klo pake shortcut masih redirect ke 8080… tararengkyu…

  2. Hallo om,, salam kenal. Saya masih pemula di bidang ini. Bagaimana klo mengubah port untuk database Oracle 10 G yang bukan XE, apakah caranya sama saja ? Bagaimana klo port tomcat nya saja yang diubah, apakah masih bentrok dengan Oracle 10 G saya ?
    Versi oracle yang saya instal : Oracle Database 10g Enterprise Edition Release 10.1.0.2.0

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s