repositori lokal (indonesia) buat linuxmint


300x272_whiteBG salah satu yang bisa bikin proses instalasi perangkat lunak cepet, adalah lokasi repositori, makin jauh lokasi repositori,makin lambat pula proses instalasinya, maka itu alangkah baiknya kalo kita tambahkan repositori lokal di linuxmint atau ubuntu yang kita pake supaya proses instalasi perangkat lunak bisa cepet sesesai 😀

pertama , untuk menambahkan repositori lokal ke linuxmint yang kita pake caranya lewat Synaptec Pakcage Manager, jadi pertama buka dulu Synaptec Package Managernya :

package manager

 

application

setelah itu buka pengaturan repositorinya lewat menu Pengaturan –> Repositori :

pengaturan

setelah keluar dialog Repositori, tinggal kita tambah lokasi repositori lokal :

repositori

setelah itu masukkan repositori lokal dengan cara klik tombol “Baru” trus masukkin URI, Distribusi, dan Seksi-Seksi. nah lho bisa pake repositori2 ini :

mirror.its.ac.id (ITS, INHERENT)
deb http://mirror.its.ac.id/ubuntu intrepid main multiverse restricted universe
deb http://mirror.its.ac.id/ubuntu intrepid-security main multiverse restricted universe
deb http://mirror.its.ac.id/ubuntu intrepid-backports main multiverse restricted universe
deb http://mirror.its.ac.id/ubuntu intrepid-updates main multiverse restricted universe

kambing.ui.edu (UI, Telkom, Indosat, OpenIXP, INHERENT)
deb http://kambing.ui.edu/ubuntu intrepid main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.edu/ubuntu intrepid-updates main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.edu/ubuntu intrepid-security main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.edu/ubuntu intrepid-backports main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.edu/ubuntu intrepid-proposed main restricted universe multiverse

mirror.cbn.net.id (OpenIXP)
deb http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu intrepid main restricted universe multiverse
deb http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu intrepid-updates main restricted universe multiverse
deb http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu intrepid-security main restricted universe multiverse
deb http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu intrepid-backports main restricted universe multiverse
deb http://ubuntu.cbn.net.id/Ubuntu intrepid-proposed main restricted universe multiverse

komo.vlsm.org
deb http://komo.vlsm.org/ubuntu intrepid main restricted universe multiverse
deb http://komo.vlsm.org/ubuntu intrepid-updates main restricted universe multiverse
deb http://komo.vlsm.org/ubuntu intrepid-security main restricted universe multiverse
deb http://komo.vlsm.org/ubuntu intrepid-backports main restricted universe multiverse
deb http://komo.vlsm.org/ubuntu intrepid-proposed main restricted universe multiverse

indika.net.id (OpenIXP)
deb http://ubuntu.indika.net.id/ intrepid main restricted universe multiverse
deb http://ubuntu.indika.net.id/ intrepid-updates main restricted universe multiverse
deb http://ubuntu.indika.net.id/ intrepid-security main restricted universe multiverse
deb http://ubuntu.indika.net.id/ intrepid-backports main restricted universe multiverse
deb http://ubuntu.indika.net.id/ intrepid-proposed main restricted universe multiverse

ftp.itb.ac.id (ITB, INHERENT)
deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu intrepid main restricted universe multiverse
deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu intrepid-updates main restricted universe multiverse
deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu intrepid-security main restricted universe multiverse
deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu intrepid-backports main restricted universe multiverse
deb ftp://ftp.itb.ac.id/pub/ubuntu intrepid-proposed main restricted universe multiverse

http://www.foss-id.web.id (Telkom)
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu intrepid main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu intrepid-updates main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu intrepid-security main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu intrepid-backports main restricted universe multiverse
deb http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu intrepid-proposed main restricted universe multiverse

jadi tar masukinnya kayak dini, misal :

DEB

URI : http://dl2.foss-id.web.id/ubuntu

Distribusi : intrepid

Seksi-Seksi : main restricted universe multiverse

setelah itu klik OK, nah setelah seselai, jangan lupa klik tombol MUAT ULANG, untuk merefresh repositorinya :

muat-ulang

setelah itu tunggu sampai proses download struktur repositori selesai :

download-package

nah sekarang SELAMAT repositori lho dah, LOKAL jadi kalo tar nginstall online gak bakal lama lagi 😀

Iklan

10 pemikiran pada “repositori lokal (indonesia) buat linuxmint

  1. Thanks mas bro.. blog nya udah ngebantu gw banget buat nyari repo lokal.. thanks banget ah.. sukses terus buat mas bro.. 😀

  2. dulu pernah pake mint yang versi 4 enteng kayaknya untuk laptop saya yang masih p3.
    apakah ini bisa untuk semua versi mint mas? tertarik pake mint 6 sih

  3. Mohon maaf aga keluar dari tofik………..
    Saya dah install linux mint 8, ada data yang dishare dengan system, tiba-tiba systemnya crash, grub masih jalan tapi tidak mau masuk desktop linux mint, maklum masih newbie.
    pertanyaan saya:
    1. klo memperbaiki system linux mint gimana caranya?
    2. Kalau install ulang tanpa merubah setting awal bisa ngga?
    Mohon teman-teman berbagi pengalamannya? ditunggu ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s