setting jdbc untuk oracle 10g express edition di netbeans (2)


netbeans6ns0 ini posting lanjutan dari posting sebelumnya :

https://eecchhoo.wordpress.com/2009/03/08/setting-jdbc-untuk-oracle-10g-express-edition-di-netbeans/

sekarang kita mulai masuk ke netbeans nya 😀 tapi sebelumnya lho harus punya driver oraclenya dulu :D, tapi gak usah khawatir soalnya waktu lho nginstall oracle xe, otomatis juga ada driver nya, liat aja di folder “C:oraclexeapporacleproduct10.2.0serverjdbclib”, tergantung tempat lho nginstall oracle xe, nah disana ada file “ojdbc14.jar” yang digunakan buat drivernya 😀

nah sekarang jalanin netbeans nya trus masuk ke bagian SERVICE :

image

habis itu klik kanan treeitem Drivers lalu pilih Add Driver :

image

kalo dah keluar dialog Add Driver, tinggal klik tombol Add, trus masukkan file “ojdbc14.jar” tadi, trus ubah Driver Classnya jadi “oracle.jdbc.driver.OracleDriver”, kalo namanya terserah lho aja 😀 :

image

kalo dah selesai klik tombol OK, dan sekarang driver Oracle dah terinstall di netbeans :D, tinggal kita bikin koneksi ke schema BELAJAR yang sebelumnya kita buat :

image 

caranya klik kanan nama driver oraclenya, disini gw kasih nama Oracle OCI habis itu klik COnnect Using :

image

bis itu tinggal isi atributnya seperti dibawah ini :

image

untuk host nya gw pake localhost, soalnya emang yang gw pake cuma 1 komputer, dan untuk SID kita pake XE karena emang kita pake oracle express edition, setelah itu portnya kita pake 1521, soalnya pada saat proses instalasi oracle xe pake port yang ini, nah untuk username dan password kita pake username yang kita buat pada tutorial sebelumnya 😀

setelah itu klik tombol OK :

image

pilih schema BELAJAR, karena emang kita pake user BELAJAR,setelah itu klik OK :

image

dan SELAMAT, sekarang Lho dah punya koneksi ORACLE untuk SCHEMA BELAJAR, sekarang lho bisa pake koneksi itu buat HIBERNATE ataupun JPA 😀

FINISH…

Iklan

22 pemikiran pada “setting jdbc untuk oracle 10g express edition di netbeans (2)

  1. wah mas kren bgt artikel bersambung nya?
    kebetulan saya seneng database oracle juga nich …….
    bwt topik yg ini itu blm bikin tampilan nya ya

  2. gak nih dah selese 😀
    kan ada tulisan FINISH…..

    ini tulisan kan cuma setting JDBC di NEtbEans
    jadi gak dibikin aplikasi guinya
    hahha 😀

  3. Ping balik: Belajar JaVa « WAHYU FIGHTER

  4. Ping balik: Tutorial Java dari Eko Kurniawan Khannedy « nge-WP@net

  5. aku masih bingung oracle nih. Aku coba develop pake asp.net 2005 yang konek ke oracle 10G Express. Pas konek keluar error:ora-12154 tns could not resolve the connect identifier specified. Udah aku cari solusinya lewat browser tapi ga ngarti juga…
    ada yang punya solusi?

  6. mas eko… alhmdlh saya sudah koneksi dengan oracle, nah untuk langkah selanjutnya gimana untuk memanggil database oraclenya… ko susah dipanggilnya …??? klo manggil mysql ga masalah…. ada solusi mas eko…

    makasih sblmnya…

  7. mas trus kalo mau manggilnya gimana

    Class.forName(“org.gjt.mm.mysql.Driver”);
    Connection con = DriverManager.getConnection
    (“jdbc:mysql://localhost/secureparking”,”root”,”root”);
    Statement stmt = con.createStatement();
    stmt.executeUpdate(sql);
    stmt.close();

    kalo di mysql kan begitu tuh

    kalo di oracle gimana mas ??

    org.gjt.mm.mysql.Driver diganti jadi apa ??

    dan ini

    jdbc:mysql://localhost/secureparking”,”root”,”root

    diganti apa ?
    makasih mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s