gw nyerah nginstall oracle 10 di vista


vista huh, dah beberapa kali gw coba buat install Oracle 10.update 1 di windows vista tapi tetep aja hasilnya nihil, cuma gw blum coba yang update 2, cuma sayang nya yang gw punya tuh yang update 1 tadi di lab unikom ada yang update 2, cuma gak masuk ke flash disk gw, flashdisk gw kan cuma 512 sedangkan tuh installernya lebih dari 600 mb 😀

sebenarnya emang ada peringatan kalo oracle 10 tuh gak kompetebel dengan vista, soalnya ketika pertama kali jalanin installer di oracle di vista, tiba2 keluar peringatan kalo program oracle gak kompetebel dengan vista. nah karena itu akhirnya gw ubah compatibilitynya jadi ke Windows XP caranya klik kanan file installernya trus pilih properties, setelah keluar dialog properties pilih tab compatibility trus ubah system operasinya jadi Windows XP :

image tapi lumayan ada perkembangan 🙂

Oraclenya bisa terinstall di vista, HORE!!!!!!

tapi lagi-lagi masalah dateng 😀 saat gw bikin database Oracle ternyata ada error, pertama sich waktu step-by-step wizard di pembuatan database berjalan lancar, tapi pas eksekusi pembuatan database, malah keluar error Access Dedied!!!

wah mungkin hak akses nya ditolak, akhirnya gw running aplikasi oraclenya sebagai adminitrator, tapi lagi-lagi hal yang sama terjadi…

hmm mungkin gara-gara gw install di C, akhirnya gw install ulang di D, tapi waktu di buat database, wew tetep error yang sama lagi kayak tadi, ACCESS DENIED!!!

wahh, kayaknya nyerah aja deh 😀 , padahal gw bener2 lagi pengen install Oracle 10 di Vista, gw males kalo harus downgrade ke XP soalnya gw beli laptop yang dah ada Vista Genuine, sayang dunk kalo harus gw REMOVE 😀

nah setelah kemaren pas gw maen ke bekasi gw dikasih tau ama mr.yayat kalo ada oracle express edition, mirip kayak microsoft visual studio express edition, jadi yang versi gratis 😀

dan ternyata oracle express edition tuh dah kopetebel ama vista, jadi untuk belajar oracle gw bisa pake oracle xe sekarang, walaupun di kuliah gw, yang diajarin tuh oracle versi g alias full, bukan yang xe. tapi gak papa lah, syntaxnya kan sama aja, paling yang beda tuh kalo di oracle xe kita cuma bisa bikin 1 database 😀

untuk lebih jelas bisa diliat disini tentang oracle xe :

Download Oracle XE (harus login dulu)

enjoy…

Iklan

3 pemikiran pada “gw nyerah nginstall oracle 10 di vista

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s