Video Tutorial SwingMVC, Tehnik Membangun Aplikasi Menggunakan Konsep MVC (Model View Controller)


MVC merupakan teknik pembuatan project dimana setiap proses dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu Model, View dan Controller. Konsep ini selalu digunakan hampir di setiap project yang dibuat oleh programmer java, namun tak jarang juga banyak programmer java yang tidak menggunakan konsep MVC dalam membaut projek aplikasinya terutama di Desktop. Dan disini dibahas tentang konsep MVC dan penerapannya di aplikasi Desktop agar pembuatan aplikasi lebih terstruktur dan mudah.

Isi video tutorial :

  • basa-basi, disini hanya intro dan penjelasan tentang penggunaan  sourcecode yang dipakai dalam video tutorial SwingMVC
  • pengenalan, disini gw bahas tentang pengenalan MVC (Model View COntroller), dan untuk apa MVC, kegunaan MVC, dan juga gw jelasin tentang alur kerja MVC baik itu di web maupun di desktop
  • mvc-for-form, disini gw bahas tentang cara membuat MVC sederhana untuk form, dalam video tutorial ini aksi yang dapat diterima masih terbatas yaitu “reset” ama “submit”, selain itu di sini gw bahas hanya simple dan tidak menggunakan database
  • simple-form, disini gw bahas tentang penerapan MVC di form yang telah terhubung dalam database, namun proses MVC nya masih simple dan hanya terbatas dengan satu proses, seperti proses insert, update, select.
  • mvc-for-crud, disini gw bahas tentang penerapan MVC dalam membuat form CRUD (Create Read Update Delete) sehingga disini lho bener-bener akan belajar tentang implementasi MVC dalam form yang memiliki aksi insert, update, delete dan select secara bersamaan.
  • sample-application, berbeda dengan di bab sebelumnya disini gw bahas tentang pembuatan aplikasi MVC dari NOL sampe FINISH, baik dari database, bisnis logic, MVC dan juga proses Test-nya, berbeda juga dari aplikasi sebelumnya, di bagian ini gw bahas selain MVC dalam form, juga melibatkan data dalam Tabel.
  • goodbye, disini gw bahas tentang kesimpulan dan say good bye 😀

bottom

CEPET DOWNLOAD DISINI

 

22 pemikiran pada “Video Tutorial SwingMVC, Tehnik Membangun Aplikasi Menggunakan Konsep MVC (Model View Controller)

  1. lam knal W Yan, mhs jakarta.W mau tanya ada no contactnya ga bos?
    coz W butuh bgt metode MVC niy??
    tlg confirm ke email W.
    Thanks bos

  2. salam knal…
    wah, apkasinya krenz brow ane jadi pngen blajar japa juga nich…

    oy, ane kan nak UNIKOM jga, boleh g ane psen langsung vidio tutornya ga ush pke ongkos krim 🙂

    itung2 ngbantu yang bru mo blajar japa… gmn?

  3. mas boleh minta atau bikin aplikasi menggunakan observer pattern ga..?? saya lag sangt tertarik dengan observer pattern…

  4. mas sy sudah transfer ntuk pemesanan 2 cd..
    pemesanann pertama untuk yg swingmvc
    pemesanan kedua ntuk yg swing make over..
    sy masih nunggu konfirmasinya..
    atas nama Arkan Nur Robby
    alamat
    jalan mangga dua no 14 gang akinata rt01 rw 02 desa sukapura dayeuh kolot bandung

Tinggalkan Balasan

