Video Tutorial SwingMakeOver, Teknik Memanipulasi Tampilan Aplikasi Java Swing Agar Lebih Keren


SwingMakeOver merupakan tehnik memanipulasi tampilan aplikasi java gui (Swing) agar terlihat lebih keren dan sesuai dengan yang kita inginkan. Contoh hasil tehnik SwingMakeOver adalah eMovieRental, ePhoneBook, eBookLibrary yang pernah gw bikin, jadi dengan mengikuti video tutorial ini lho bakal bisa membuat tampilan aplikasi seperti yang pernah gw buat 😀

image Isi video tutorial :

  • basa-basi, disini gw bahas tentang apa itu SwingMakeOver dah kenapa SwingMakeOver tuh penting 😀
  • graphics2d, disini gw bahas tentang cara mambuat graphics2d, dan cara mendapatkan graphics2d dari graphics, graphics2d itu penting untuk proses penggambaran dalam teknik SwingMakeOver
  • menggambar, disini gw bahas tentang cara menggambar, baik itu menggambar bentuk seperti kotak, lingkaran dan juga gambar bebas. selain itu gw juga bahas tentang cara menggambar Image dari file.
  • mewarnai, disini gw bahas tentang cara mewarnai bentuk-bentuk yang sebelumnya dibahas di bab menggambar, disini gw bahas tentang mewarnai solid color sampe gradien color.
  • manipulasi jpanel, disini gw bahas tentang cara memanipulasi jpanel, seperti manipulasi transparansi contohnya.
  • manipulasi jbutton, disini gw bahas tentang cara memanipulasi jbutton, contohnya membuat button gradient, membuat button dengan efek glass, dan membuat button dengan efek glass yang dapat berinteraksi dengan mouse
  • manipulasi jtextfield, disini gw bahas tentang cara memanipulasi jtextfield, seperti mengubah bentuk jtextfield menjadi roundrectangle, mengubah background jtextfield menjadi gambar dan lain-lain
  • manipulasi jcombobox, disini gw bahas tentang cara memanipulasi jcombobox, seperti gimana menampilkan warna background jcombobox yang berbeda-beda, menampilkan gambar, dan lain-lain
  • manipulasi jcombobox bagian 2, disini gw bahas tentang lanjutan dari jcombobox sebelumnya yang belum selesai 😀
  • manipulasi jlist, disini gw bahas tentang cara memanipulasi jlist, seperti menghubah warna background jlist menjadi warna-warni, menampilkan komponen dalam jlist dan lain-lain.
  • manipulasi jtable, disini gw bahas tentang cara memanipulasi jtable, seperti memanipulasi warna baris, menampilkan komponen dalam jtable yang bisa membaut tampilan jtable menjadi sangat keren, dan lain sebagainya.
  • manipulasi jtree, disini gw bahas tentang memanipulasi jtree, seperti mengubah icon jtree, mengubah warna background dan lain-lain.
  • manipulasi jviewport. disini gw bahas tentang memanipulasi jviewport yang jarang orang tau, jviewport dapat menampilkan efek-efek yang keren yang jarang digunakan oleh programmer java.
  • lain-lain, disini gw bahas tentang keajaiban Swing yaitu Glasspane, disini juga gw bahas tentang cara menggunakan Glasspane, menampilkan efek di glasspane, dan pastinya ini bab yang penting buat dipelajari 😀
  • [bonus] the making of eMovieRental , disini gw bahas sekilas tentang teknik pembuatan aplikasi eMovieRental yang pernah gw buat dengan teknik SwingMakeOver.

bottom

CEPET DOWNLOAD DISINI!!!

 

Jangan sampe keduluan ama lawan maen lho!!!

77 pemikiran pada “Video Tutorial SwingMakeOver, Teknik Memanipulasi Tampilan Aplikasi Java Swing Agar Lebih Keren

  1. mas eko, saya membuat textfield seperti punya mas, tapi kenapa kalo dibikin setEnabled(false) text-nya ga tampil dah? supaya text-nya keliatan gimana yaa?

  2. Saya sudah mencoba mengikuti tutorial Aplikasi Client-Server yang mas eko buat, dan hasilnya sangat bagus. tetapi saya kebingungan menggabungkan class yg ada di client ke dalam form menu.
    jadi, bagaimana cara menambahkan form menu di aplikasi client-server ? terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

Tinggalkan Balasan

