kalo u suka Swing, u pasti bakal suka GWT


logo-185x175 hmm, dulu pernah ada yang nawarin project ke gw pake GWT, padahal gw blum pernah sama sekali pegang GWT, dan dia bilang “kalo kamu bisa Swing, pastinya gak bakalan susah di GWT”, hmm benarkan?

sebenarnya dari dulu gw emang mo coba GWT tapi waktu itu masih seru di Spring + Hibernate, nah sekarang gw masuk ke gerbang GWT πŸ˜€

dan saat gw coba, ternyata emang bener…

bener apa?

yup bener kata si xxx yang nawarin project dan gw tolak itu, GWT ternyata asik buat programmer Swing, tadinya mo belajar Flex, tapi ternyata berarti harus pake bahasa baru yaitu ActionScript, makanya di cancel dulu, jadi belajar GWT dulu, supaya gak terlalu pusing πŸ˜€

nah kenapa gw bilang “kalu u suka Swing, u pasti bakal suka GWT”? nah itu karena gw rasain sendiri :D, ternyata GWT tuh full widget sama kayak Swing, jadi penerapan konsep di Swing bisa diterapkan di GWT πŸ˜€

nah salah satu yang paling menarik di GWT tuh, banyak pengembangnya, kayak ExtJS yang ngembangin GXT, trus ada juga GWT-EXT (dulunya MyGWT), ada juga MyGWT-UXT, dan banyak lagi πŸ˜€

jadi u gak bakalan boring walaupun sebenarnya GWT cuma nyediain widget seadanya :D, karena ada pihak lain yang ikut ngembangin, makanya GWT jadi makin asik πŸ˜€

sama lah seperti Swing, kalo standar Swing kan monoton, nah justru karena ada SwingX, dan lain2, makanya dunia Swing makin rame πŸ˜€

nah maka dari itu gw saranin belajar GWT kalo u tertarik di RIA :D, apa lagi kalo u programmer Swing, pastinya gak kan ada masalah πŸ˜€

14 pemikiran pada “kalo u suka Swing, u pasti bakal suka GWT

  1. saia dulu nyobain pakai gwt-ext, emang seakan kita ngoding swing. dan juga pendekatannya juga berubah dari web jadi desktop. dulu sempat bingung gimana handle navigation dan linked page yang ada di web, setelah nanya ke milih nya gwt ternyata yang harus diubah adalah paradigma saia dalam ngoding gwt. hehehe.. bukan lagi web, tapi desktop. bukan lagi go to next page, tapi show hide form. CMIIW

  2. Mas Mau tanya, kenapa setelah saya instal ulang windows knapa pas saya instal kembali java kagak mau?? ada msg error contact your aplication vendor. tolongin gimana?? maksh.

  3. om gimana settingnya, ane udah download versi 1.5, asli ndak paham tapi ngeliat samplenya pengen juga nich belajar. butuh tambahan ngak buat jalanin aplikasinya (framework,lib,jar dll) atau pake gwt doang udah bisa, klo jalan dinetbeans bisa nggak?

  4. Mas echo,

    saya lagi bikin project pake gwt-ext. tp masih tahap belajar2 jg nih..
    mau tanya nih. saya kan mau ngeset value ke textfield. textfieldnya ditaro di dalam FormPanel. tp kok tiap kali dirun, panelnya jd gak mau tampil y??kl code yg buat ngeset value textfieldnya diilangin, eh dia mau keluar…sedihnya pake GWT kl di client side ada error gt g bisa keluarin log/warning apa2 y? Trs tu kira2 knp y mas?

    Makasih sebelumnya..

Tinggalkan Balasan

