cerita tentang hibernate


hibernate_logo sebelum kita belajar hibernate, gw mo kasih cerita dulu kenapa ada hibernate dan kenapa hibernate bagus buat para javaholic πŸ˜€

kalo u dah baca cerita ini, pasti tau kenapa hibernate itu perlu dipelajari dan u bakal tau tentang konsep hibernate.

ok, langsung aja…

begini ceritanya πŸ˜€

dulu ada seorang laki2 yang namanya Gavin King (sampei sekarang masih ada tuh orang πŸ˜€ ), dan dulu segut banget ama yang namanya java dan sql, entah pake dbms apa tuh dia, gw juga gak tau πŸ˜€

setiap dia bikin project java yang pake database, dia selalu pake jdbc buat koneksinya, karena emang dulu cuma itu yang dipake πŸ˜€ (gak kaya sekarang, banyak alternatif)

sampai lama-lama dia agak jenuh dengan keribetan jdbc, misal mo insert data ada harus buat dulu, connection, trus buat statement, ato preparestatement, trus masukkan perintah SQLnya kayak

INSERT INTO ANU VALUES (ANU, ANU, ANU)

wah pokoknya ribet banget πŸ˜€

sampai akhirnya dengan kejeniusan yang gak sebanding ama einstein dia mulai mikir buat bikin library yang bisa dipake buat menyederhanakan proses DML (data manipulation language) (manipulasi data) untuk database.

dalam otaknya dia pengen bikin library yang simple dan elegan, sampai sampai dia pengen bikin proses insert, update, delete, select jadi lebih mudah

misal kalo mo insert dia pengennya cuma manggil 1 baris perintan, kaya :

insert(data);

hmm, kayaknya itu mutahil πŸ˜€

gak lah, buktinya sekarang hibernate dah ada, hahahahah πŸ˜€

yach gitulah sesuatu tuh ada karena mimpi πŸ˜€

selain itu kadang dia suka bikin class untuk representasi tabel di database dan untuk mendapatkan object dari class itu dia harus bikin Connection dulu, trus PrepareStatement, trus set parameter id, trus buat ResultSet setelah itu cek apa resultsetnya ada nilainya, kalo ada nilainya baru isi ke object yang pengen di dapet, wuiiiiihhhh, ribet 😦

si gavin tuh pengennya untuk mendapatkan object cukup dengan melakukan perintah :

Data data = get(id);

haha, dan sampai akhirnya dia dapet ilham untuk bikin hibernate, yang dia ilhami dari kata Hibernate yang ada di windows pas mo shutdown πŸ˜€

nah jadi seperti itulah kisah BOONK-nya hahahahaah

tapi niat gw bukan buat boongin kalian, cuma mo manas-manasin kalian, kalo hibernate tuh perlu di pelajari πŸ˜€

tapi kalo gak mo belajar hiberante juga, u bisa belajar java persistence api, iBatis, Cayenne dan framework orm (object relational mapping) lainnya yang sama gunanya kayak hibernate

sekarang silahkan berkunjung ke website resminya hibernate

Iklan

19 pemikiran pada “cerita tentang hibernate

  1. hampir mirip kayak db4o(database for objects) or boso jowonya object oriented database.

    klo mo nyoba download aja librarynya di

    http://www.db4o.com

    klo ga salah ada juga Library DRS(Db4o Replication System),
    pelajari aja buat bekal matakuliah System Manajemen Basis data.

    berikut contoh (CSSSSSSD*) Sintaks insert data dalam db4o(Pake Transactional):

    ObjectContainer db = Db4o.openFile(“Regresi.ODB”);
    try
    {
    deleteDb(db);
    for(int i =0; i < Reg.size();i++)
    {
    data show = (data) Reg.get(i);
    data dt = new data(show.x(),show.y());
    db.store(dt);
    }
    db.commit();
    }
    catch(Exception e)
    {
    db.rollback();
    }
    finally
    {
    db.close();
    }

    (*Contoh Sangat Sederhana Sekali Sampe – Sampe Susah Dimengerti

    • @himawan
      hibernate beda ama db4o
      hibernate tuh mirip jdbc dia bisa jalan kalo kita pake DBMS
      sedangkan db4o tuh mirip DBMS
      dan karena sipatnya db4o yang embed jadi
      lebih mirip seperti Apache Derby Embed, tapi
      gw lebih seneng pake Apache Derby karena bisa integrasi
      dengan JDBC, Hibernate, ama JPA πŸ˜›

  2. hibernate itu framework
    jadi gak bisa dibilang HARUS dipelajari πŸ˜€

    tapi gw sich saranin pejalari, karena Hibernate tuh
    framework ORM paling banyak dipake di Java

  3. broo, gw dah ikutin video tutorial lu, tapi jika kita punya beberapa entity dan punya relationship, trus gimana donk ngehubunginnya ? Kalo tutorial untuk bikin aplikasi database Simple CRUD dg hibernate dimana ya ? Trims

  4. Ping balik: Belajar JaVa « WAHYU FIGHTER

  5. mas, tolong di buat donk artikel yang ada petunjuk misal untuk pemula yang harus dipelajari duluan apa trus plugin yang perlu dimiliki apa aja.. trus kalo dah intermediete or advance d apa aja.. semua halaman blog mas eko qu download.. tapi bingung mulai belajarnya dari mana ha3

  6. Ping balik: Tutorial Java dari Eko Kurniawan Khannedy « nge-WP@net

  7. Nambahin beda db4o dan DBMS
    ———————————–
    Kalo db4o untuk persistence object. jadi kita bisa langusng memetakan object ke dalam persistence object. Tapi kesulitan muncul ketika object disimpan menggunakan RDBMS. Tabel-tabel pada RDBMS tidak bisa dipandang sebagai object. Untuk itu maka dibuatlah framework, seperti hibernate untuk memetakan object ke RDBMS.

  8. mas newbie di java….
    hibernate???
    setelah membaca di atas hibernate itu apakah butuh driver untuk penghubung ke javanya mas??
    tolong pencerahanya matur suwun

  9. bagi yang penasaran,,
    hibernate itu teknologi ORM (Object/Relational Mapping), maksudnya adalah memetakan database relational sebagai object..

    di DBMS dikenal dengan database,table,
    sedangkan di Java yang OOP dikenal dengan class,object.
    nah jadi tujuan si hibernate adalah membuat table2 DBMS sebagai object,

    Hibernate bukan DBMS seperti mysql,ms sql server,dll.
    dia istilahnya adalah layer di antara DBMS dan program..

    CMIIW

  10. mas mau tanya.. tau gag cara mengkonfigurasikan antara Eclipse Galileo,BPEL Process,Apache ODE ma Hibernate?? pusing ini…. hoaaaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s