belajar HIBERNATE yuk!!!


hibernate?

opo itu hibernate?

hibernate bukan tombol yang ada di bagian shutdown di os windows, ato linux! hibernate disini maksudnya object relational mapping.

apa tuh object relational mapping?

orm tuh kalo menurut gw konsep mentranformasi / memindahkan representasi tabel dalam database ke sebuah class, jadi misal kita punya tabel orang, nah kita representasikan tabel itu ke class, jadi kita punya class Orang. gitu lah singkatnya 😀

31 pemikiran pada “belajar HIBERNATE yuk!!!

  1. jpa tuh api untuk ORM yang dibuat oleh team Sun
    sedangkan hibernate tuh ORM yang buat oleh Gavin King dan dikembangkan oleh team RedHat

    jadi kalo ditanya beda pasti beda tapi untuk tujuan yang sama 😀

  2. mas, mau nanya bedanya ORM sama DAO itu apa?

    kalo DAO itu kan (setau saya) tujuannya memisahkan kode akses data dengan bagian program lainnya.

    sedangkan ORM seperti Hibernate melakukan mapping dari tabel database ke class. Tapi kalo liat contoh2nya ORM juga mengabstrakkan kode akses data….jadi apa bisa dibilang kalo DAO itu salah satu bagian dari ORM?

    • ORM tuh ObjectRelationalMapping
      DAO tuh DataAccesObject

      itu beda pengertian

      kalo ORM buat mapping tabel ke class (cuma itu saja)
      sedangkan DAO tuh kaya mengkapsul kumpulan proses DML (Data Manipulation Language) ke dalam satu class 🙂

  3. mas, mau nanya bedanya ORM dengan DAO dong

    kalo setau saya, DAO itu suatu design pattern yang memisahkan kode akses data di program dengan bagian lain, jadi kalo misalnya mau ganti-2 DBMSnya gampang…apa betul begitu?

    tapi kalo ORM seperti hibernate ini kan (setau saya lagi) juga mengabstrakkan akses databasenya…jadi apa bisa dibilang DAO itu bagian dari ORM?

  4. mau tanya JPA n hibernate itu gimna yach?
    klo kita bikin class mahasiswa..
    kita kan menimport :
    import javax.persistence.Entity;
    berarti annotation hibernate itu menggunakan JPA?..
    sedangkan nantinya class tersebut dimapping ke hibernate.cfg.xml..

    thx

  5. Pak noob mw tanya ni tentang JPA n ORM
    JPA = Java Persistent API
    ORM = Object Relational Mapping
    a. Perbedaan mendasar antara JPA n ORM apa yah ?

    b. AFAIK JPA adalah jembatan untuk menghubungi gap antara konsep OOP(java) dgn konsep RDBMS(database), apakah itu benar ? dan apakah bisa disimpulkan bahwa JPA itu dlm ORM, atau malah sebaliknya ?

    c. Ada yang bilang bahwa JPA itu spesifikasi dan yang menerapkannya ada Eclipselink, toplink essential, dll, maksudnya apa ya pak?

  6. JPA tuh emang ORM
    Hibernate juga ORM

    JPA tuh hampir mirip kayak JDBC
    kalo JDBC kan gak kan bisa jalan kalo gak pake Driver
    nah kalo JPA gak bisa jalan kalo gak pake Implementasi, kayak EclipseLink, TopLink, Hibernate EntitityManager, itu semua contoh Implementasi dari JPA

  7. -apakah Hibernate bs dibilang JPA, soalnya guruku bilang hibernate ada lagi yg pake jpa namanya HibernateJPA.

    – bisa disimpulin gini ga?
    – JPA n JDBC itu cara koneksi
    – JPA pake API pesistent
    – JDBC pake API JDBC

    – bos boleh minta YM ga, banyak yg mw ditanya2 ni

    thx

  8. gak da yang namanya Hibernate JPA ada juga Hibernate EntityManager
    Hibernate EntityManager == JPA
    tapi
    JPA != Hibernate EntityManager

    kenapa?

    soalnya semua fasilitas JPA ada di Hibernate Entitymanager
    tapi gak semua fasilitas Hibernate EntityManager ada di JPA

    API tuh Application Programming Interface
    JDBC ama JPA termasuk API

    sedangkan MySQLDriver, OracleDriver
    Hibernate, TopLink, EclipseLink
    itu termasuk Implementasi

  9. Ping balik: Belajar JaVa « WAHYU FIGHTER

  10. Ping balik: Tutorial Java dari Eko Kurniawan Khannedy « nge-WP@net

  11. Mas Echo. aku boleh dikabulkan ga permintaannya.
    kalo boleh aku ada usulan gn. banyak orang th java bagian luar aja. tapi banyak juga yng pengen belajar lebih seperti hibernate dll tapi ga ada penunjang, guru atau semacamnya yang membimbing. dan ga th dari mana harus mulai. kalo aku ga salah pandangan. Hibernate itu ada hub ke database bukan. bagaimana mas echo bikin tutorial very basic, very datail. contoh kasus penggunaan dari hibernate. agar mudah di lakuin di netbeans.

    misal. buat prog. ga usah pake gui jga gapapa fokusnya cara pake hibernate sampe bisa jalan deh biar console ga appa. misal buat mini SI. Buku. ada add buku, edit buku, search buku. via konsole gt.

    1. tambah
    2. edit
    3. cari
    4. hapus
    5. keluar
    Pilih no data :

    nah di jelaskan juga step per step. dari awal buat db, trus apa dan apa. n kalo ada step yang penting mohon dijelaskan. biar kita ga kaget dan aneh semisal kok tiba2x udah kayak gt. Mohon jadi pertimbangan mas Echo untuk FulFill lah permintaan saya. Soalnya saya pengen belajar Hibernate ya asal ada contoh jelas.. sampe bisa jadi prog jalan. dari sana saya yakin temen2x yang lain pasti bisa mengerti dan mengimprove apa yang sudah di ajarkan. Tolong ya mas. please.

  12. bang ane nie pengen belajar java, , ,klo logikanya ane dapet tapi klo sudah masuk coding ane bingung ap2 saja yang amau dituliskan, ,,jadi ad kiat kusus gt jadi ane gag bingung dengan bahasa java, ,,

  13. Aduh keren keren nih…
    jadi bingun mau mulai dari mana….

    saya sudah lama bermain dengan java tapi baru sekedar di j2se dan j2me…
    mau nyoba di j2ee tapi bingung harusa mulai dari mana…

    tolong kirimin donk masa

    harus mulai dari mana saya kalo mau mulai belajar java dan bermain di J2EE
    plissssss
    kirim ke email saya
    abuyazid13@gmail.com
    ata FB saya
    abuyazid14@gmail.com

    plisssssssssssssssssssssssss………………….

  14. ka saya mau minta tolong,,ka2 bisa ngejelasin kapan kita harus pake hibernate, toplink atau eclipselink ga ka,,,saya mau pake JPA tapi saya bingung harus pake yang mana implementasinya diantara ketiga itu,,,,
    bisa dijelaskan kelebihan masing-masingnya ka2 ataupun kekurangannya,,,
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  15. halo mas Eko Kurniawan Khannedy….
    mas aku ini baru mau blajar soal hibernate, lah punya ebook untuk beginer hibernate ndak mas? kalau ada tolong PM ya mas….

    Saya betul betuk minta tolong mas ya…. ^.^

    Best regards,
    Mukmin

  16. mas, saat didunia kerja nanti, apa saja yg dipersiapkan untuk jd programer..?? sya msh mahasiswa, jd blm ada pengalaman, kalo yg sya lihat di lowongan yg tersedia di website2 penyedia lowongan, kebanyakan harus menguasai Framework, database, minimal oracle, jaringan, Dll.. bkannya progamer itu hanya pembuat program, knpa mesti menguasai database, jaringan, bkan nya itu sudah ada bagiannya masing-masing..?
    txz

Tinggalkan Balasan

