belajar INFORMATION RETRIEVAL


INFORMATION RETRIEVAL?

apa tuh?

menurut kamus ilmu komputer :

INFORMATION RETRIEVAL adalah Istilah untuk mempelajari sistem pencarian sehingga mendapat informasi yang dicari, mulai dari indexing (index), searching (penggalian), dan recalling data (pemanggilan data kembali). Berlaku juga terhadap pencarian data yang tidak terstruktur.

so, penting y?

kalo menurut gw sich penting 😀

contohnya aja denga IR (Information Retrieval) google bisa bekerja 😀 , jadi kalo kita mo bikin website yang ada search enginenya yach kita mo gak mao harus belajar information retrieval?

dengan information retrieval kita bisa melakukan proses search dengan mudah, misal contohnya gw ambil di google kalo kita ingin mencari dokumen dengan format pdf cukup ketik seperti yang dibawah ini:

nama data yang dicari filetype:pdf

dengan itu maka google akan menampilkan dokumen yang hanya pdf 😀 bayangkan kalo gak pake IR susahnya minta ampun 😀

kalo mo cari ebook soal information retrieval silahkan cek disini :

http://www.flazx.com/search.php?p=%2Binformation+%2Bretrieval&submit=Search

ok, itu aja gw gak bisa jelasin lebih banyak soalnya gw juga lagi belajar 😀

Iklan

4 pemikiran pada “belajar INFORMATION RETRIEVAL

  1. coba googling ‘SIGIR’ -> lihat jurnal2nya semuanya tentang Information Retrieval.

    Aplikasi IR yang bisa dipelajari source codenya adalah LUCENE berbasis JAVA, pake metode ‘Vector Space Model’.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s