netbeans ide 6.5, ide opensource buat php


scriptsanda programmer java?

jika bukan, mungkin kurang familiar dengan NetBeans IDE 😀

yup, tentu!!

karena memang NetBeans IDE itu sebenarnya ide yang digunakan untuk editor Java, namun karena bersaing dengan Eclipse IDE, oleh karena itu banyak sekali fitur-fitur yang selalu diperbaharui, contohnya NetBeans bisa digunakan sebagai editor untuk C/C++, Ruby, Rails, Groovy, PHP, CSS, JavaScript, HTML sampai untuk UML.

posting ini, saya akan perlihatkan cara bikin project PHP di NetBeans, sekarang pertama-tama buat project baru dengan mengklik menu File > New Project, so akan keluar dialog wizart untuk membuat project baru, setelah itu pilih lah project PHP, karena emang kita akan membuat project PHP :

NetBeans PHP

setelah itu pilih PHP Application, lalu klik tombol Next 😀

image

sekarang kita setting projectnya, misal saya beri nama projectnya dengan nama “NetBeansPHP”. setelah itu pilih lokasi folder project yang akan kita tempatkan dengan mengubah nilai Source Folder. setelah selesai klik next 😀

image

setelah itu ubah

Run As : Local Web Site

Project URL : http://localhost/NetBeansPHP/

lalu ceklis copy files from source folder to onother location dan ubah

Copy to Folder : D:XAMPxampphtdocsNetBeansPHP

sesuai dengan lokasi folder htdocs server yang anda gunakan, karena saya menggunakan paket XAMP, maka lokasinya biasanya ….xampphtdocs. tapi kalo anda menggunakan WAMP / LAMP misalnya, anda biasanya harus mengcopynya ke folder …wampwww, jadi tergantung apa yang anda gunakan.

oke, setelah itu klik finish.

image

sekarang coba ubah file index.php seperti dibawah ini :


    
        PHP On NetBeans
    
    
        <?php
        echo("<h1>PHP On NetBeans IDE</h1>");
        ?>
    

setelah itu coba jalankan dengan mengklik kanan project NetBeansPHP, lalu pilih menu Run :

image

maka otomatis akan dijalankan project yang telah kita buat tadi melalui browser yang kita gunakan :

image

dan yang paling menarik dari NetBeans IDE adalah memiliki auto complete editor layaknya IDE untuk PHP yang lain seperti Dreamweaver :

image

untuk lebih lanjut anda bisa mengunjungi link dibawah ini :

http://www.netbeans.org/kb/docs/php/quickstart.html

http://www.netbeans.org/kb/trails/php.html

http://www.php.net/

😀

Iklan

7 pemikiran pada “netbeans ide 6.5, ide opensource buat php

  1. Ping balik: Belajar JaVa « WAHYU FIGHTER

  2. Ping balik: Tutorial Java dari Eko Kurniawan Khannedy « nge-WP@net

  3. mas tapi netveas saya waktu nuka new project gak ada tulisan php nya, padahal

    gw udah instal server XAMPP

    Gimana supay muncul di nebeans???

    plslah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s