membuat desktop menggunakan Java Swing


java Ini dia yang membuat saya suka banget ama Java Swing. “Bisa dimanipulasi sesuai keinginan” tidak seperti Delphi, atau VB yang setiap komponen GUI nya sudah fix, tak bisa dirubah-rubah, lagi. Kalaupun bisa paling cuma ngerubah style 😛

Setelah bosen dulu bikin Java Swing dengan tema Glass, sekarang saya coba bikin sebuah aplikasi mirip Desktop pake Java Swing 😀

Pertama sich emang agak bingung, maklum gak semuanya yang kita inginkan itu gampang 😀

Tapi akhirnya berhasil juga…

 image

Diatas tadi adalah tampilan aplikasinya 😀

Sedangkangkan yang ini desktop Windows Vista :

image

Lumayan mirip kan?

Belum selesai juga sich. Seperti belum ada Taskbarnya 😀

image

Diatas tampilan contoh aplikasi yang ada dalam desktop boong-boongan 😀

image

Mudah-mudahan bisa jadi inspirasi teman-teman dalam bereksplorasi menggunakan Java Swing 😀

21 pemikiran pada “membuat desktop menggunakan Java Swing

  1. Om gmn tuh buatnya, minta tutornya please, butuh banged sualna!!!Secara tampilan gui gw ngebosenin abis…Dah ngulik, tetep aja nihil, malah error dapetnya…

  2. Ping balik: Belajar JaVa « WAHYU FIGHTER

  3. Salam kenal mas eko,
    mantab mas. Btw kebetulan sekali ne sy gi nyari nyari cara buat task bar seperti windows itu 🙂 ntar share-share ya

    great job 😉

  4. Ping balik: Tutorial Java dari Eko Kurniawan Khannedy « nge-WP@net

  5. klo sekedar mamerin tampilan doank… gak usah ditampilin lah… kasian byk yg berharap… bagi-bagi ilmu semoga berkah…

  6. mas, kenalin aku deden anak poltek malang, skrg aku lg ngerjain TA. TAq tentang pembuatan aplikasi berbasis web. aku gunakan java sbg enginenya dan adobe flex sbg tampilannya. skrg aku lg ad problem dalam pembuatan reportnya. aku mw pke’ jasper tapi ky’e jasper digunakan untuk aplikasi desktop. tolong sarannya… trimssss

    • @mas deden : maaf mas ikut kalo bole gw bisa bantu 😀

      setau gw jasper bisa dipake di web ko, skrg gw jg lg ad project d kantor buat semacam sistem informasi. bla bla bla…
      nah, reportnya gw make jasperserver dan ireport. jadi kerjanya lebih di ireport mas..
      ireportnya gw jalanin di netbeans..
      Semoga membantu

Tinggalkan Balasan

