pengalaman gw belajar java dari nol (gak tau soal komputer)


kemaren ada yang minta buat sharing pengalaman belajar java, nich kayak gini :

Kang Eko saya mohon pencerahan/inpirasinya, krn java saya masih baru mulai:
mas kenal programming/komputer sejak kapan ud brp lama?
– saya ud mendapat dasar2 programming dgn pascal,vb,basic tapi cuman dasar2 aja, saya belum pernah buat aplikasi siap pakai, baru latihan2 doank. Apakah ada syarat yg hrs saya kuasai utk melangkah lebih jauh dg java ?
mas belajar javanya drmana, spt buku, kursus, otodidak ? truz kalo buku, bukunya apa ? (java how to program ?)
mas pengertian framework apa ya ?
Kalo bisa bikin artikel kyk gini donk buat para newbie ->
http://www.nagasakti.or.id/roller/Ifnu/entry/2
Maaf, bnyk tanya, thankx

ok, karena gw gak mungkin ngecewain penggemar, so gw bagi-bagi pengalaman pertama kali belajar java :mrgreen:

A_033000 pertama kali kenal komputer waktu itu SMA kelas X (sory bukan kelas 1, karena di SMA gw dah nganut paham KBK “Kurikulum Berbasis Ketidakpedulian” wkkk ). waktu itu kebetulan dikasih kk gw. kalo gak salah waktu itu masich pake prosesor AMD plus Ram 128 plus windos 98.

lama-lama mulai kenal internet, trus sering maen ke warnet, palign cuma cari-cari data tugas ato kalo iseng buka 17tahun.com, wakkkkkkkk. entah sekarang kemana tuh website. tuh website emang bikin khayalan tingkat tinggi kayak lagunya Peterpan 😀

akhirnya waktu itu komputer rusak trus dibenerin ma kk-nya temen gw, yang kebetulan sesat. kenapa gw bilang sesat, karena kuliah di jurusan mesin, tapi hobinya otak-atik komputer, padalah kerjaan aslinya jadi montir (wkkkkkk). trus dari dia gw kenal apa itu yang namanya game PC. akhirnya gw upgrade komputer gua ke AMD Athlon + Ram 256. jaman dulu tuh ram 256 dah kemasuk keren (gak kayak sekarang) 😀

 

1 tahun kemudian…

A_025000 karena mulai edan ama game PC, akhirnya prestasi sekolah gw mulai ancur, waktu kelas 1 gw peringkat ke 2 di kelas gw, tapi pas naek ke kelas 2, boro-boro peringkat 2, masuk sepuluh besar aja kagak, wkkkk. bodo amet yang penting apapun peringkatnya yang penting minumnya teh botol sosro 😀

waktu itu mulai kenal ama 2 temen yang sama2 suka komputer Jatniko ama WIsnu, kebetulan si Jatniko ini suka hardware sedangkan si WIsnu ini suka Design, akhirnya belajar banyak dari mereka termasuk cara nginstall software (wkkkk, ternyata dulu tuh gw goblok banget).

trus mulai kenal sama bongkar pasang PC ama tau apa itu CorelDRAW ama Photoshop.

 

A_032000 akhirnya dari situ gw punya cita2 jadi Designer Graphics!

trus akhirnya gw ama Jatniko + Wisnu + satu temen lagi nambah yang sama kayak gw belum tahu apa2 soal komputer, Tariman berencana bikin Organisasi Komputer. akhirnya singkat cerita 1 tahun kemudian terbentuklah tuh organisasi yang namanya BIOS yang disetujui pembentukannya oleh kepala sekolah SMA gw.

dari situ gw mulai tau apa yang namanya HTML trus JavaScript trus juga PHP, tapi karena otak gw agak error ama PHP, makanya gw males belajar PHP. trus gak sengaja si Wisnu ngenalin yang namanya Flash, akhirnya gw ikut-ikut belajar Flash dan disana gw mulai belajar real programming yang namanya ActionScript.

 

A_019000 TRUS GIMANA DENGAN JAVA!!!

sabar-sabar 😀

singkat cerita waktu kelas XII ato 3 SMA, gw nitip ke guru gw yang mo pergi ke pameran buku di Bandung. waktu itu gw nitip buku JavaScript. trus pas di beliin ternyata bukunya bukan JavaScript, tapi Java.

Makasih bu…“, kata gw. padahal dalem ati “Berengsek, gw minta JavaScript kok yang dibeliin Java, buku apa nich. ada gambar cangkir kopi segala!!

akhirnya sia-sia gw beli buku seharga 60rb. kalo gak salah buku itu karya Abdul Kadir terbitan Andy Publisher, kalo gak salah judulnya Belajar Perograman Java, itu kalo gaksalah, gw lupa soalnya bukunya kemaren gw kasih ke temen 😀

 

A_023000 akhirnya masuk kuliah… sedih juga ninggalin SMA, tidakkkkkkkkkk

gw kulaih di bandung tepatnya di UNIKOM (sekalian promosi). trus gak jadi kuliah dijurusan Design Graphics, malah masuknya ke Teknik Informatika. disitu gw mulai hidup mandiri dan belajar pun mandiri gak ada temen kayak waktu dulu SMA.

Iseng2 gw baca-baca buku Java yang dulu pernah salah beli dulu, trus pas dipraktekin error melulu, termasuk koding pertama HelloWOrdls, wkkkk akhirnya putus asa, gak mo liat lagi tuh buku Java 👿

sampai kalo gak salah waktu itu semester 2 ada seminar Java di kampus gw, kebetulan temen2 sekelas gw yang jadi panitia.

trus gw gak ikutan tuh seminar, wkkkkk. bis kan buat script HelloWOrld aja error melulu, trus buat apa ikutan seminar 😛

 

sampe gak sengaja liat file2 bekas seminar dar laptop temen gw. trus disitu gw liat ada yang namanya Project Looking 3D Glass yang dibuat pale Java + JOGL. dan kesimpulannya wahhhhhhh cooooolllll man!!!!!

akhirnya semanget lagi !!!

jadi pengen belajar java!!!

 

akhirnya gw mulai lagi dari awal, dari bikin hello worlds.

eror, eror, eror dan error, wkkkkkkk

tapi emang butuh perjuanan,

A_056000 dan akhirnya BERHASIL!!!!!! WUH PATUT DIRAYAKAN NICH!!!

trus dari buku yang tadi salah beli gw mulai kenal apa itu Java + Pemrograman Berorientasi Objek. trus waktu itu masih pake IDE JCreator.

dari belajar java itu gw lumayan gak terlalu sulit, karena emang dulunya pernah belajar pemrograman, cuma pas masuk konsep OOP-nya gw agak bingung maklum dulu kan belum pernah belajar pemrograman OOP, paling yang prosedural 😀

 

waktu kuliah gw dapet apa yang namanya Algoritma, dan itu emang sangat berguna bagi programmer, trus kemaren kebetula IP gw 3.4 jadi bisa ngambil keatas, trus gw ambil OOP, dan karena gw dah ngerti OOP dari Java, jadi gak terlalu sulit belajar OOP.

 

A_044000 sampai akhirnya gw JENUHHHHH!!!!! ama JavaGUI yang lebih dikenal dengan Swing

di java gak ada datechooser buat milih tanggal kayak di delphi, trus komponennya sedikit gak banyak!!!!!

sampai akhirnya dari situ gw kenal buku FIlty Rich CLient yang ngajarin soal manipulasi komponen Swing, dan akhirnya kejenuhan mulai pudar….

akhirnya gw mulai eksplorasi bikin tombol sendiri, trus bikin textbox sendiri sampai tampilan panel sendiri yang bisa dibilang WOW dan menarik. gak percaya coba cek artikel ini, ini murni gw buat tanpa bantuan library Swing mana pun >>>>eMovieRental<<<<

dan disitu kemampuan Design gw di test!

ternyata gak percuma pernah belajar Design.

so kalo pengen jadi programmer buat bikin aplikasi desktop, coba belajar design dulu supaya punya feel buat ngedesign tampilan aplikasi yang bakal kita buat 😀 selain itu emang sekarang ini design emang sangat penting baik itu dalam pembuatan aplikasi desktop baupun web :mrgreen:

 

A_126000 Jadi….

calon programmer GOBLOK yang nyerah gara2 error pas bikin HelloWorld, wong gw aja erro terus sampe 6 bulan tuh buat bikin HelloWorld 👿

 

fah cukup berbagi ceritanya, sekarang gw mo bagi-bagi ilmu yang jarang dikasih orang…

apa itu?

gua kasih tau bahan2 yang perlu dipelajari supaya lu jadi programmer yang handal 👿

  1. Algoritma (Wajib buat semua Bahasa Pemrograman)
  2. OOP (Wajib buat Java, C++, C#)
  3. ERD (Entity Relational Database) (Wajib kalo pengen bikin aplikasi yang berhubungan dengan Database kayak MySQL ato Oracle)
  4. Design (Wajib kalo pengen buat aplikasi yang mewah, kecuali kalo mo bikin aplikasi buat DOS, wkkkkk)
  5. ExtreemPrgramming (Wajib buat bikin aplikasi yang kuat 😀 )
  6. terserah lu aja dech, wkkkkkk

 

segitu aja pengalaman dari gw, jadi kalo ditanya belajar dari mana?

y gw emang lebih seneng otodidak, disitu gw dapat masalah dan gw sendiri yang dapat jalan keluar.

artinya OTODIDAK is GOOD EXPERIENCE 👿

84 pemikiran pada “pengalaman gw belajar java dari nol (gak tau soal komputer)

  1. Mas Mohon Pencerahan nya Gw Sekarang Lg Nyoba Belajar ASP.NET. Ceritanya Sama dengan Situ Beda Nya Gw Baru Belajar Pas Gw Lg Nganggur Dan Gw Sekarang Pengen Belajar Buat Jadi Programer ASP.NET Yg Handal , Yg Pengen Gw Tanya Gimana Doonk Cara Gw Bisa Belajar Yg Efektif Dari Nol Untuk Menjadi Seorang Programer ASP.NET Tanpa Kuliah Atau Kursus Tolong Apa Aja Yg Gw Harus Persiapin Berikut Trik2 Nya, Oke Mas Trims Sebelum Nya ?

  2. om ku baru bljar java tp dah dikasih kasuh buat bikin penjualan ku bingun dari jtable pengen setiap cari barang dari master barang ku pengen ngeling ke tabel master barang nah sudah ketemu barangnya ku pengen tinggal klik trus pindah tuh data ke transaksi or ke form yang diinginkan gitu om… makasih di tunggu ya balasanya lewat email ku ok

  3. oh iya satu lagi ku pengen bikin report pake jasper report editor yang di gunakan pake jcreator om dimana ya ku bisa dapetin toolnys toooo. maksh ommmmm

  4. hahhaha………………….
    meskipun dah baca berulang-ulang artikel ini tetep z gw ngikik sendirian kaya orang gila.
    Makasih sharenya kang…. Semangat!!

  5. wahh saya salut sama kamu bro..
    artikel2nya bagus2, bisa dibilang blog ini juga jadi penyemangat saya untuk terus mendalami dunia java dan menulis blog… 😀
    salam kenal bro…
    mampir donk kalau sempat ke blog saya..hehe…

  6. Tambah semangat belajar ma si Ciko (Cangkir Kopi), thanks gan , mas bro tlong d update tutor java eclipsenya donk, swing make over pake eclipse

  7. haha lucu bacanya sambil ketawa-ketawa, pengalamannya hampir sama yang beda nya sampai saat ini ku belum lulus untuk buat Hello world he.. padahal rencananya hari selasa mo demo ke anak SMK RPL he… sekarang masih cari referensi sampai ktemu dengan blog ini.. mudah2n k bisa menyusul kesuksesan nya he..

  8. ane dlu waktu kuliah emang GOBLOK k’lo belajar ma pemrograman, tp setelah baca artikel agan bermanfaat juga, ane boleh minta email gan…
    makasih sebelumnya…

Tinggalkan Balasan

