Fokus Window Dalam JTextField


Wah ini kasus sepele tapi bisa jadi gawat kalo dibiarkan. Maksudnya?

Kasusnya simple, misal kita ingin berpindah dari satu JTextField ke JTextField yang lain. Gampang kan!

Solusi Standar?

Simple aja, secara default kita bisa berpindah dari satu JTextField ke JTextField yang lain hanya dengan menggunakan key Tab untuk menuju JTextField selanjutnya dan key SHIFT+Tab untuk menuju ke JTextField sebelumnya, jadi ngapain susah-susah buat script yang tak berguna :

 

Solusi Ngawur?

Bener juga sich kalo mau pindah dari satu JTextField ke JTextField yang lainnya tinggal menggunakan shortcut Tab atau Shift+Tab, tapi gimana kalo misal pada form diatas saya mau dari JTextField Nama pengen langsung pindah ke JTextField Kantor?

Kalo menggunakan Tab berarti saya harus melewati JTextField Email dan JTextField Rumah dulu. Padahal saya pengen langsung menuju target sasaran! Berarti penggunaan Tab menurut saya tak berguna, hahaha..

Saya kasih tau solusinya, ada sebuah metode yang kadang dilupakan dalam JTextField yaitu metode setFocusAccelerator(char key) disitu kita bisa buat key untuk mengakses langsung ke JTextField menggunakan key Alt+Key yang anda masukkan, misal :

textField.setFocusAccelerator(‘C’);

itu berarti kita dapat mengakses JTextField tersebut menggunakan shortcut Alt+C. Jadi kita tinggal menggunakan skrip seperti diatas untuk membuat shortcut sebuah JTextField. Nah masalahnya bagaimana user tahu kalo kita membuat shortcut untuk untuk mengakses JTextField tersebut, solusinya kita tinggal memberi tanda dalam JLabel yang menjadi teks JTextField tersebut, misal :

labelNama .setDisplayedMnemonic(‘N’);

dengan menggunakan skrip diatas maka JLabel Nama akan terlihat menggaris bawahi karakter ‘N’ dalam teks JLabel yang ditampilkan.

Lihat perbedaan pada form standar dengan form ngawur, dalam form ngawur setiap label terdapat karakter yang digaris bawahi yang artinya kita bisa mengakses sebuah JTextField yang ingin kita tuju dengan menggunakan shortcut Alt+Karakter yang digaris bawahi, misal untuk mengakses JTextField Email kita hanya perlu menggunakan shortcut Alt+E.

Kesimpulan

Hal ini memang sepele, tapi bisa membantu dalam form yang berisikan JTextField yang banyak. Dan hal ini bisa mempersingkat waktu

Iklan

9 pemikiran pada “Fokus Window Dalam JTextField

  1. Ping balik: Belajar JaVa « WAHYU FIGHTER

  2. Ping balik: Tutorial Java dari Eko Kurniawan Khannedy « nge-WP@net

  3. salam kenal buat pemilis blog …

    nama saya fawzy, mahasiswa pts di sby ..

    saya mw nanya tentang java programming …

    gmana caranya mengambil nilai dari JTextField dari kelas lain …..

    terima kasih atas pencerahannya ..

  4. saya mau tanya kalau menentukan tab mana yang dahulu di focus gimana caranya, apa ada properti tab jadi misal dari form identitas yang diatas kan field nya nama,email,rumah dst nah saya mau kalau dari nama ketika di tekan tab lari ke rumah bukan ke email….. kurang lebih gitu. maksudnya setting tab giman caranya soalnya saya cari belom ketemu hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s