MySQL JDBC di NetBeans 6.0 “Bag1”


netbeans

Sebenarnya dah banyak yang ngebahas tentang JDBC MySQL dan NetBeans, tapi berhubung gua ngotot pengen nulis, jadi gua tulis. Eh sebenarnya saya gak biasa bilang Lu/Gua, maklum saya bukan orang betawi, tapi asli sunda tulen…, sok mangga baca….

Ok, balik lagi ke inti masalah. Kadang kalo saya masuk ke forum2, banyak sekali yang kesulitan mengkoneksiin JDBC MySQL di java, apalagi kalo manual, harus setting classpath segala.., nah jadi saran saya mending pake IDE, misal yang saya bahas kali ini adalah NetBeans, yang saat penulisan ini sudah mencapat versi 6.0.Langsung aja deh, tanpa basa-basi saya anggap anda sudah bisa membuat project di netbeans dan dah punya JDBC MySQLnya, kalo belum punya jdbcnya, coba ke website resminya MYSQL, trus download JDBC yang versi terbaru…

Bikim project netbeans baru, ato project yang gak baru juga gak apa2 sich, gak ada bedanya kok. Misal saya bikin projek dengan nama “SampleMySQL”;

mysql jdbc java netbeans

Setelah itu, masukkan JDBC MySQL yang sudah anda dapatkan, ato kalo anda pake NetBeans 6.0 Fullm pasti dah disedian librarynya, jadi tinggal add, library aja. Tapi kali ini saya cuma mau bahas tentang mengimport JDBC Library dari luar…

Coba anda add file jar (JDBC MySQL) yang telah anda download seperti yang terlihat pada gambar diatas…

Trus waktu keluat file chooser, pilih jdbc mysql yang anda miliki, contoh pada gambar diatas, saya menggunakan jdbc mysql versi 5.1.0

jdbc mysql

kalo dah bener pasti terlihatfile jar jdbc mysql yang tadi anda add di tree Library…, Trus untuk mengecek apakah file yang anda add tersebut benar2 jdbc mysql, anda bisa mengexpand file jarnya , kalo benar maka akan ada paket “com.jdbc.mysql”, seperti yang terlihat dibawah ini :

Dan trus cari sebuah class yang bernama Driver, di paket tersebut, kalo gak ada, mungkin anda kurang beruntung alias anda salah download, ato anda telah ditipu teman anda kalo minta dari temen, kalo bener2 jdbc mysql pasti ada file class “Driver” seperti yagn terlihat dibawah ini :

driver jdbc mysql tutorial

Nah, kalo langkah2 tadi diatas sudah gak ada masalah, sekarang tinggal mencoba Driver MySQLnya…

Buat sebuah class (saya harap anda sudah tahu cara membuat class di NetBeans) trus beri metode utama, ato coba lihat script yang ada pada gambar dibawah ini :

Sebenarnya kebanyakankalo saya lihat, para pengguna java lebih senang dengan style pada gambar yang ada dibawah, bukan yang di atas, tapi saya lebih syka yang diatas, karena jika memang terjadi kesalahan pada import data, maka pada kode import akan ada pesan kesalahan dari netbeans, sehingga anda tahu kalo ada kesalahan, berbeda dengan script yang dibawah, anda tidak akan tahu jika ada kesalahan, ato file tak ditemukan…

untuk styke 1, anda cukup memanggil drivernya dengan mengetik

new Driver();

tapi dengan ketentuan anda harus meyisipkan import driver mysql :

import com.mysql.jdbc.Driver;

namun jika anda menggunakan stype 2, anda cukup memanggil driver mysql dengan menggunakan :

 Class.forName("com.mysql.jdbc.Driver");

namun jika anda menggunakan style 2, anda harus bersiap menanggung konsekuensi kesalahan yang terjadi ketika aplikasi berjalan…, selain itu kesalahan pada style2tak kan diketahui oleh NEtBeans, berbeda dengan style1, netbeans akan mengetahui jika driver mysql tak ditemukan, sehingga netbeans akan memberikan pesan kesalahan…

Jadi terserah anda ingin menggunakan style yang mana, namun yang lumrah memanyarakan di kalangan programmer java adalah style2, walaupun saya lebih senang menggunakan style1…

Ok, sekarang tinggal mengetes apa ada kesalahan ato tidak, setelah langkah2 yang tadi kita kerjakan…, coba sekarang anda tambahkan skrip :

System.out.println("GAK ERROR EUY");

setelah

new Driver();

atau setelah

Class.forName("com.mysql.jdcb.Driver");

, setelah itu run classnya, jika emang anda mengikuti langkah2 yang ada diataa maka bisa saya pastikan tak kan ada error seperti yang terlihat digambar dibawah :

namun jika anda terdapat kesalahan, misalnya anda belum memasukkan JDBC MySQLnya, maka akan terjadi kesalahan seperti dibawah ini :

Ok, sekarang anda dah berhasil, tinggal mengkoneksikan Driver ke DBMS, tapi nanti bersambung ke bag2… seee youuu

Keep reading my wordpress

33 pemikiran pada “MySQL JDBC di NetBeans 6.0 “Bag1”

  1. klo pake new Driver(); (Style 1)
    manggil Tabel nya gimana tu mas…?

    Style 1 bisa di jadikan Class Connection untuk semua Class (JForm) yang ada gak…?

    Makasih mas eko

  2. bagus bangat tutorialnya mas, tapi mau nanya nih, classnya di buat dimana ya, apa di test package atau di source package, kok waktu gw coba function main ga di kenal. kalo liat di hasil yang ada di tutodial sih tertulis kata single, kalo di gw tertulis kata main, apa yang salah ya…

  3. @syahrul

    maaf saya kurang ngerti pertanyaan anda, kalo buat script tutorial diatas tentunya di paket source, karena untuk paket test biasanya digunakan programmer untuk membuat JUnit 🙂

  4. thanks buat tutorialnya, setelah saya coba ko error ya pesannya
    Error(1):java.lang.ClassNotFoundException: com.mysql.jdbc.Drive
    Java Result: 1
    tu knapa ya? apa yang salah?
    makasih sebelumnya

  5. Ping balik: Tutorial JDBC (CompleteVersion) « java for fun…

  6. salam kenal….
    dah masalah nh…
    klo erorny kaya gni knap yack..:
    E:\c13\netbead\koneksidatabase\build.xml:7: The following error occurred while executing this line:

    E:\c13\netbead\koneksidatabase\nbproject\build-impl.xml:21: Cannot find ant-deploy.xml imported from E:\c13\netbead\koneksidatabase\nbproject\build-impl.xml

  7. kayaknya itu error projectnya
    mungkin netbeans yang dipake gak support
    project yang u buka
    ato bisa jd project yang u buka dibikin pake netbeans
    versi yang lebih tinggi 😀

  8. maz eecho…mhn pencerahan ni saya coba mesetting jdbc mysql dengan setting pada pada enviroment variabelnya dengan menambahkan CLASSPATH.saat saya coba koneksikan gagal terus.saya menggunakan JCreator untuk codingnya.thx,,

  9. Ping balik: Belajar JaVa « WAHYU FIGHTER

  10. Ping balik: Tutorial Java dari Eko Kurniawan Khannedy « nge-WP@net

  11. Cho mau nanya’ nich………………………….

    aku udah coba buat aplikasinya trus yang aku kesulitan adalah jika proyekku (file: jar) aku jadikan file: exe dengan bantuan (exe4j.exe) maka setelah pindah komputer kok terjadi error? mungkin jawabannya adalah karena aku kan udah gak bisa lagi setting databasenya di file aslinya, trus di build lagi. yang mau aku tanyakan adalah gimana cara mengatasi masalahku tersebut, tolong ya pencerahannya. trim’s

  12. mas ecchoo
    salam kenal
    aku baru mulai belajar java netbeans nih
    mas echo yang baik hati punya
    Chm buat java netbeans gk????

    thanks ya mas

    salam
    by, trah

  13. halo mas Eko. slam knal, minta petunjuknya dong. gimana caranya mengubah format decimal menjadi double. misalnya 12,500,000.00 menjadi 12500000.00 soalnya kalau formatnya dari jtextfield 12,500,000.00 saat simpan error data truncated, saya pake MySql dan fieldnya double, kalau jtextfieldnya 12500000, tidak error. thank B4

Tinggalkan Balasan

