JFileChooser yang Dapat Menampilkan Preview Gambar


Kali ini saya membuat plugin JFileChooserImage, yang merupakan turunan dari JFileChooser namun diberi sebuah component preview yang dapat menampilkan gambar yang sedang di pilih oleh user. Dan JFileChooserImage hanya dapat memperlihatkan file gambar seperti JPG, JPEG, GIF, PNG, dan BMP.

Sebelum menggunakan plugin ini anda harus mengetahui cara mengimport plugin swing ke NetBeans, jika anda belum mengerti, harap lihat tutorialnya disini :

https://eecchhoo.wordpress.com/2007/11/01/mengimport-plugin-swing-ke-nwtbeans/

Seperti halnya JFrame dan JDialog, JFileChooserImage adalah sebuah swing yang berdiri sendiri, yang artinya tak memerlukan container untuk dapat ditampilkan. Dan karena JFileChooserImage adalah turunan dari JFileChooser maka untuk menampilkan JFileChooserImage cukup memanggil metode showOpenDIalog(parent) atau showSaveDialog(parent). Jadi untuk menambahkan JFileChooserImage ke dalam program yang sedang anda buat, cukup tambahkan pada “Other Component”, seperti yang terlihat di gambar :

[SCREEN SHOOT 7]

Dan seperti yang telah saya tuliskan tadi, untuk menampilkan JFileChooserImage cukup panggil metode showOpenDialog(parent) atau showSaveDialog(parent), misal saya ingin menampilkan JFileChooserImage ketika saya mengklik sebuah Button maka penulisan scriptnya seperti dibawah ini :

[SCREEN SHOOT 9]

Dan tampilan JFileChooserImage seperti ini :

[SCREEN SHOOT 10]

Silahkan download pluginnya disini :

http://unrated.110mb.com/netbeans/wordpress-eecchhoo-jfilechooserimage.jar

9 pemikiran pada “JFileChooser yang Dapat Menampilkan Preview Gambar

  1. Mas Minta sourcenya donk.
    Oh ya mas salam kenal.
    Saya salah satu moderator netbeans indonesia.
    Wah banyak banget tuh hal-hal top yang ada di blog ini.

    Kapan-kapan kalau nulis hal top lagi langsung beritahu milis netbeans indonesia biar tambah rame (hehe tugas saya je biar buat tambah rame).

    Makasih mas

    Salam
    Deny Prasetyo

  2. Ping balik: Belajar JaVa « WAHYU FIGHTER

  3. Ping balik: Tutorial Java dari Eko Kurniawan Khannedy « nge-WP@net

Tinggalkan komentar