JFileChooser yang Dapat Menampilkan Plain Text


Kali ini saya membuat plugin swing JFileChooserPlainText yang layaknya JFileChooser namun dengan penambahan element text area yang dapat menampilkan isi file plain text yang anda pilih. JFileChooserPlainText adalah turunan dari JFileChooser, sehingga anda dapat menggunakan seluruh metode yang ada JFileChooser dalam JFileChooserPlainText. Namun ada beberapa penambahan metode pada JFileChooserPlainText yang akan saya bahas nanti.

Sebelum memulai cara menggunakan JFileChooserPlainText anda harus mengerti cara mengimport plugin swing ke NexBeans. Jika anda belum mengerti caranya, kunjungi link ini untuk melihat cara mengimport plugin swing ke NetBeans :

https://eecchhoo.wordpress.com/2007/11/01/mengimport-plugin-swing-ke-nwtbeans/

JFileChooserPlainText adalah sebuah swing yang bisa berdiri sendiri, artinya tidak memerlukan container sebagai tempat berdirinya, sehingga untuk menambahkan JFileChooserPlainText ke program yang sedang anda kerjakan harus dengan cara menambahkan JFileChooserPlainText ke “Other Component”, seperti yang terlihat dalam gambar :

[SCREEN SHOOT 8]

Untuk menampilkan JFileChooserPlainText, anda cukup memanggil metode showOpenDialog(parent) atau shotSaveDialog(parent). Misalnya jika ingin menampilkan JFileChooserPlainText dari sebuah aksi Tombol, cukup tambahkan Button ke program yang sedang anda kerjakan lalu tambahkan Action pada Button tersebut, misalnya ActionListener :

[SCREEN SHOOT 9]

Lalu jika anda intin menampilkan dialog open, cukup panggil metode shotOpenDialog(parent) milik JFileChooserPlainText, seperti yang terlihat dibawah ini :

[SCREEN SHOOT 10]

Secara default, JFileChooserPlainText tidak akan menampilkan file apapun kecuali Folder, oleh karena ini agar bisa menampilkan file anda harus menambahkan jenis file yang bisa terlihat, dengan memanggil metode addExtention(“String”). Misal kita akan menampilkan file TXT, JAVA, HTML, PHP, maka anda cukup mengetikkan seperti terlihat pada gambar :

[SCREEN SHOOT 11]

Perlu anda ingat, pada NetBeans semua pendeklarasian komponen GUI terdapat pada metode initComponents(), sehingga jika anda ingin menambahkan script maka tambahkanlah di bawah pemanggilan metode initComponents(), jika melakukan penambahan script sebelum pemangginaln metode initComponents(), maka bisa dimungkinkan akan terjadi Null exception.

Ini adalah tampilan JFileChooserPlainText secara default, tanpa wrap text:

[SCREEN SHOOT 12]

Ini adalah tampilan JFileChooserPlainText dengan wrap text :

[SCREEN SHOOT 12]

Download pluginnya disini :

http://unrated.110mb.com/netbeans/wordpress-eecchhoo-jfilechooserplaintext.jar

Iklan

8 pemikiran pada “JFileChooser yang Dapat Menampilkan Plain Text

  1. Ping balik: Belajar JaVa « WAHYU FIGHTER

  2. Ping balik: Tutorial Java dari Eko Kurniawan Khannedy « nge-WP@net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s