Vector VS ArrayList


Seorang veteran java, atau dengan kata lain programmer yang telah lama mempelajari java. Akan lebih akrab dengan yang namanya Vector dibandingkan dengan ArrayList. Mungkin juga bagi programmer java awam yang baru belajar, gurunya sering memberikan Vector dibandingkan ArrayList. Pertanyaannya apakah Vector dan ArrayList itu? Dan apa kegunaan keduanya?

Vector adalah sebuah class yang ditunkan dari interface Collection, yaitu sebuah interface yang digunakan untuk penggolahan data yang bersifat seperti array dinamis, yakni array yang ukurannya secara dinamis dapat membesar ketika data yang dimasukkan melebihi daya tampung. Setiap metode dalam Vector diberih keyword “synchronized”, sehingga ketika dieksekusi dalam sebuah Thread, maka tak akan terjadi kemacetan Thread.

ArrayList adalah sebuah class yang sama dengan Vector dan memiliki fungsi yang hampir sama dengan Vector, namun perbedaannya terletak pada metode yang dimiliki oleh ArrayList. Berbeda dengan Vector, pada ArrayList setiap metode tidak diberi keyword “synchronized”, sehingga ketika dieksekusi dalam Thread, hal ini dapat mengakibatkan unsafe Thread, alias dapat terjadi tubrukan Thread ketika Thread mencoba untuk memanggil metode ArrayList. Namun bukan berarti ArrayList tidak berguna, karena tak adanya keyword “synchronized” pada metode ArrayList maka untuk menjalankan metode yang ada pada ArrayList membutuhkan waktu yang lebih singkat dari pada menjalankan metode yang ada pada Vector.

Kesimpulannya jika kita ingin membuat array dinamis yang dijalankan menggunakan Thread, maka gunakanlah Vector, sedangkan jika memang proses yang kita butuhkan tidak menggunakan Thread, maka gunakanlah ArrayList agar proses pengolahan array dinamis lebih cepat.

Iklan

7 pemikiran pada “Vector VS ArrayList

  1. penjelasan ttg pengertian arraylist cukup membantu, trutama bagi saya yg baru ja blajar java n baru dapat tugas ttg arraylist, penjelasan yg dibrikan cukup rinci tapi bagi saya yg mash sangat awam ttg arraylist ini penjelasan tanpa contoh nyata rasanya masih ngambang….
    ya harap maklum kn masih bru ja blajar…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s