Menjalankan Java Tanpa JVM


Dulu ketika gua ketemu sama tool yang bernama “exe4J”, gua kira semua permasalahan java gua bisa terpecahkan, yaitu gimana caranya ngejalanin aplikasi java tanpa harun terinstal JVM (Java Virtual Machine). Tool “exe4J” memang bisa mengkonver dari bytecode java (class) menjadi file aplikasi (exe). Tapi pas gua coba aplikasi yang gua buat ke komputer yang gak terinstal JVM, pas gua jalanin aplikasinya —-> eh malah keluar alert “NO JVM”. Wah itu sich sama aja harus nginstal JVM, tau gitu mah gua mending gak usah ngonvert jadi aplikasi (exe), mending gua konvert jadi format .jar, lebih fleksibel lagi and bisa dijalanin di semua sistem operasi.

Akhirnya seperti biasa gua nyari informasi lewat yahoo…, knapa gua lebih milih yahoo dari pada om gooogle. Pasti ada alasannya donk, karena dimana ada akibat pasti ada sebab. Alasan pertama di Google tuh situs yang diutamakan ditampilkan tuh yang sifatnya edukasi, trus situs yang sekiranya gak bener di google pasti di simpan dihalaman ujuuuuuuuuuuuuuung. Tapi berbeda di yahoo, semua hasil pencarian baik itu dari situs “bener” sampai situs “gak bener”, semua ditampilkan berdasarkan kedekatan dengan kata pencarian… so gua nyaranin kalo pengen nyari yang ilegal, lebih baik di yahoo, kecuali yang edukasi ya pilih ja Googleeeeeeee.

 

balik lagi ke cerita tadi. Saat gua nyari ternyata banyak yang ditampilkan, tapi pas gua klik dan ketika terbuka….. wah poermasalannya sama cuma nanya gimana ngejalanin java tanpa JVM, sampai saat gua mulai putus asa akhirnya singkat kata gua nemuin sebuah situs http://www.xenocode.com/ yang ternyata nyediain tool buat membuat aplikasi berbasis Java, Flash, NET, Sockwave, dan Reader tanpa harus terinstal aplikasi tersebut di komputer yang akan menjalankan aplikasi tersebut…, aplikasinya bernama “Virtual Appliance Studio”.

Sebenarnya agak aneh habis namanya gak nyambung ma Java, jadi agak sulit nyarinya. Biasanya nama aplikasinya kan gak beda jauh sama fungsinya seperti “Photoshop” buat photo, “PdftoWord” buat ngonvert pdf ke word, dan yang lainnya.. tapi gak apa-apa deh yang penting gua dah nemuin toolnya buat ngejalanin java tanpa JVM, dan juga gua dah ngasih tahu kalian semua tentang informasi ini, SEMOGA BERMANFAAT………

 

14 pemikiran pada “Menjalankan Java Tanpa JVM

  1. anjrit…bole juga..aq jg selama ini agak bingung nginstall aplikasi berbasis java tanpa nginstall JVM..keren dach!Taw gak sftwre untuk nginstall aplikasi java (semacam install4j gitu)?kacitaw aq ya…terutama yang freeware…thx b4.

  2. kok aplikasinya pada saat dibuild, minta koneksi internet. . . komputerku kan ga terkoneksi dengan internet !!!!! gimana caranya ??? bang tolong caranya. . . lg bingung nihhhhh . . .

  3. Ping balik: Belajar JaVa « WAHYU FIGHTER

  4. Ping balik: Tutorial Java dari Eko Kurniawan Khannedy « nge-WP@net

Tinggalkan Balasan

